Nunukan (BERANDATIMUR) – Warga negara Indonesia (WNI) yang melakukan peejalanan ke Sabah, Malaysia menggunakan visa kunjungan dan habis masanya diminta segera tinggalkan negara itu.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) pada 12 April 2021 dan ditanggapi Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu melalui pesan tertulisnya, Kamis, 15 April 2021.

Pemerintah Malaysia memberikan batas waktu pada 21 April 2021 seluruh WNI agar meninggalkan Sabah tanpa disebutkan alasannya.

Konjen RI Kota Kinabalu, Krisnha Djelani meminta WNI yang habis masa kunjungannya di Sabah agar bergegas keluar paling lambat 21 April 2021.

“Setiap WNI di wilayah Malaysia (khususnya Sabah dan Labuan) pemegang Pas Lawatan Sosial (visa kunjungan) yang telah habis masa berlakunya harus meninggalkan Malaysia selambat-lambatnya pada 21 April 2021,” seru Krisnha.

Ia menegaskan bagi WNI yang belum meninggalkan Malaysia (Sabah) sampai batas waktu yang ditentukan maka dikenakan tindakan tegas dari Bagian Penguatkuasa Jabatan Imigresen.

Apabila WNI mengalami kendala untuk meninggalkan Malaysia karena ketiadaan sarana transportasi maka dapat mengajukan surat keterangan kepada KJRI Kota Kinabalu.

Surat sokongan/keterangan tersebut dapat disampaikan kepada Bagian Penguatkuasa Jabatan Imigresen guna keperluan memohon Paspor Khas.

Krisnha mengajak seluruh WNI di wilayah kerjanya agar mematuhi kebijakan Pemerintah Malaysia tersebut untuk dilaksanakan. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here