Tiga kader Demokrat “Melamar” di PDIP Nunukan

0
43

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Nunukan Kalimantan Utara menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2020. Tiga kader Partai Demokrat ikut “melamar” di partai politik berlambang banteng moncong putih tersebut.

Pendaftaran yang dimulai 9 September 2019, empat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati telah mengantongi formulir pada partai tersebut.

Yakni Asmin Laura Hafid selaku petahana Bupati Nunukan dari Partai Hanura, Basri (mantan Bupati Nunukan periode 2011-2016) Partai Demokrat.

Danni Iskandar (mantan Ketua DPRD Nunukan periode 2014-2019) Partai Demokrat dan terakhir Irwan Sabri (Wakil Ketua DPRD Nunukan periode 2019-2024) Partai Demokrat.

Tiga nama pertama mengambil formulir pada hari yang sama pada Selasa, 10 September 2019. Sedangkan Irwan Sabri mengambil formulir pada Kamis, 12 September 2019.

Ketua DPC PDIP Nunukan, Lewi di Nunukan, Kamis membenarkan, telah ada empat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang telah mendaftar sejak dibuka pendaftaran pada 9 September 2019.

“Tiga balon berasal dari Partai Demokrat sudah ambil formulir,” kata legislator Nunukan dua periode ini.

Ia menegaskan, PDIP membuka pendaftaran atau penjaringan balon kepala daerah serentak seluruh Indonesia.

Namun pada dasarnya sesuai ketentuan partai politik besutan Megawati Sukarno Putri ini, DPC dan DPD hanya ditugaskan melakukan penjaringan.

Sedangkan penentuan terakhir siapa balon kepala daerah yang diusung pada pilkada serentak 2020 menjadi kewenangan Ketua Umum DPP PDIP yakni Megawati Sukarno Putri.

Setelah ditetapkan balon yang diusung, maka bersangkutan wajib mengikuti sekolah kader yang dilaksanakan pengurus DPP.

“Sekolah kader PDIP hanya ditujukan kepada balon yang akan diusung saja,” kata Lewi. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here