Flores Timur (BERANDATIMUR.COM) – Prajurit Posmat TNI AL Flores Timur Nusa Tenggara Timur berhasil menangkap pelaku bom ikan tepatnya di Desa Waiwuring Kecamatan Witihama Pulau Adonara.

Penangkapan itu berlangsung pada Jumat 6 Desember 2019 sekira pukul 13.50 wita.

Kronologi kejadiannya, sebelum penangkapan terlebih dahulu prajurit TNI AL mendapatkan informasi melalui pesan WhatsApp dari seorang nelayan di Kepulauan Adonara Kabupaten Flores Timur sekira pukul 10.27 wita.

Nelayan yang memberikan informasi ini mengaku melihat aktifitas nelayan menggunakan bahan peledak jenis bom di sekitar Pelabuhan Fery Deri Kecamatan Witihama.

Tak lama kemudian, prajurit Posmat TNI AL  berkoordinasi dengan Kabid Pengawas Perikanan untuk turun melakukan pengejaran menggunakan Sea Raider milik LSM WCS.

Selanjutnya, Zafausan Fauzi menuju lokasi kejadian di perairan Pelabuhan Feri Deri dengan menempuh jalur darat  menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor). Hanya saja, sebelum tiba di lokasi kejadian telah mendapatkan informasi bahwa aktifitas pengeboman ikan telah berakhir dan pelaku menuju Pelabuhan Rakyat Desa Waiwuring Kecamatan Witihama.

Pada saat akan diamankan, pelaku berusaha menyembunyikan barang bukti berupa bom  dengan memindahkan pada sebuah kotak yang berada di perahu lain.

Akibat saling dorong karena pelaku menolak menyerahkan barang bukti (bom ikan) sehingga  dilakukan tembakan peringatan. Sehubungan dengan itu, pelaku akhirnya menyerahkan barang bukti tersebut akhirnya digelandang ke darat.

Pelaku berinisial ND beralamat di Desa Waiwuring ini mengaku telah melakukan pengeboman ikan dengan menggunakan dua unit perahu dan empat orang pelaku. Hanya saja pelaku lainnya berhasil melarikan diri karena lebih dulu naik di darat sebelum aparat tiba di lokasi.

Pelaku dan barang bukti yang disita berupa perahu dua unit, dua botol bom ikan, obat nyamuk, uang tunai Rp500.000, botol sisa perakitan bom dan lain-lainnya. (***)

Penulis: Fun L
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here