Pandemi COVID-19 Nunukan
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid (keempat dari kiri) berfoto bersama dengan ibu-ibu warga Bulukumba pada sebuah acara pada Minggu (2/8)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Seorang warga Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara terpapar virus korona dan kini sedang menjalani perawatan di RS Kota Tarakan setelah hasil pemeriksaan swab dinyatakan positif COVID-19.

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid membenarkan, adanya seorang warganya yang tercatat sebagai salah satu pasien positif COVID-19 di Kota Tarakan. Warga Nunukan yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) dimana sebelumnya suami bersangkutan yang merupakan Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara dinyatakan terpapar virus ini.

“Iya memang ada warga Nunukan yang dinyatakan positif COVID-19 tetapi terpapar di Kota Tarakan, dan bukan disini (Nunukan). Dia diketahui positif COVID-19 setelah dilihat dari KTp-nya. Dia ini sedang dirawat di Kota Tarakan,” ujar dia usai menghadiri acara “akbaji” seorang warga Kabupaten Bulukumba pada Minggu, 2 Agustus 2020.

Informasi ini diketahui pada Sabtu, 1 Agustus 2020 bahwa ASN yang terpapar virus COVID-19 ini seorang guru di salah satu sekolah di Kabupaten Nunukan.

Laura mengharapkan, meskipun Kabupaten Nunukan telah masuk status zona hijau tapi seyogyanya tetap mematuhi protokol kesehatan agar upaya pemutusan rantai penularan berjalan lancar.

Sebelumnya, Kabupaten Nunukan merawat 44 pasien positif COVID-19 ditambah satu orang yang terpapar di Kota Tarakan sehingga menjadi 45 orang.

Pasien COVID-19 yang terakhir sembuh adalah seorang remaja berusia 15 tahun yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Kampung Nelayan Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan.

Jadi ke-44 pasien tersebut telah dinyatakan sembuh semuanya sejak pertengahan Juli 2020 makanya daerah ini telah berstatus zona hijau dan tanggap darurat telah dicabut oleh Pemerintah.

Hanya saja, pantauan di lapangan masyarakat Kabupaten Nunukan masih tetap disiplin mengenakan masker dan perkantoran dan sejumlah rumah warga masih menyediakan tempat mencuci tangan menggunakan sabun. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here