Barang bukti mobil rental yang disita Polres Parepare, Minggu (2/6). Foto: Agustin

Parepare (BERANDATIMUR.COM) – Aparat Kepolisian Resor Kota Parepare Sulawesi Selatan meminta pengusaha rental mobil mewaspadai modus-modus penggelapan yang sedang marak akhir-akhir ini.

Masyarakat di kota itu lebih berhati hati dalam melakukan transaksi sewa menyewa mobil, dua pelaku yang ditengarai penadah di Ajatappareng berhasil diamankan.

Kapolres Parepare AKBP Pria Budi, Senin, 3 Juni 2019 mengungkapkan, Tim Crime Hunter Resmob Polres Parepare bersama Unit Resmob Polres Sidrap berhasil mengungkap pelaku penggelapan yang berpura-pura atau modusnya menyewa mobil.

Setelah berhasil mengelabui pemilik kendaraan ternyata tidak mengembalikannya hingga batas waktu kesepakatan.

Dari kejadian ini, Tim Cryme Hunter mengamankan dua pelaku, masing masing berinisial JM (46) dan Andi B (51) keduanya warga Kabupaten Sidrap Sulsel pada Minggu, 2 Juni 2019 sekita pukul 00.30 wita dini hari.

Pengungkapan kasus ini, polisi berhasil menyita 10 unit kendaraan roda empat dengan berbagai merk dan jenis di Kabupaten Sidrap.

Mobil yang disita tersebut berupa Toyota New Avansa DP 1460 AL, B 1679 PRX, DD 1523 IG, DD 1162 BL, DP 1092 LB, Terios DP 1451 AB, Toyota Calya DD 1337 NL, DP 1954 AU, Daihatsu Ayla DP 1396 CH, serta Honda Mobilio DP 1354 DM.

Kanit Resmob Polres Parepare Aiptu Faisal menyebutkan, operasi ini berawal dari laporan seorang warga atau pengusaha di Kota Parepare bernama Suroso pada 25 Mei 2019 lalu.

Menurut dia, mobil miliknya dirental seseorang namun tidak dikembalikan sesuai waktu yang disepakati sehingga mengalami kerugian berkisar Rp150 juta.

“Usai dilakukan penyelidikan kami berhasil mengamankan Andi B yang merupakan penadah mobil di Rappang Kabupaten Sidrap kemudian dilakukan diintrogasi, lalu ia mangakui dan menyimpan mobil-mobil tersebut pada empat lokasi yang berbeda, di Kecamatan Baranti, Rappang, Amparita dan Wele,e Kabupaten Sidrap” terang Faesal

Pelaku serta barang bukti kini ditahan di Mapolresta Parepare guna penyidikan selanjutnya. Sedangkan pelaku utama yang merental mobil tersebut masih dalam penyelidikan Tim Crime Hunter Resmob Polres Parepare. (Aff)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here