Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Mengantisipasi bencana BPBD Nunukan Kalimantan Utara memberikan pemahaman kesiapsiagaan kepada masyarakat dalam menangani dan menanggulangi yang tepat.

Untuk mewujudkan upaya tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan memberikan pembekalan penanggulangan bencana di Kelurahan Nunukan Tengah Kecamatan Nunukan pada Senin, 4 Nopember 2019.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Nunukan, Hasanuddin saat memberikan materi menyatakan, pentingnya masyarakat memahami perihal kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Kesiapsiagaan tersebut berkaitan dengan potensi terjadinya bencana di daerah itu, sewaktu-waktu berlangsung seperti kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam lainnya.

Ia memberikan pemahaman kepada masyarakat agar berupaya tidak melakukan pembakaran lahan agar tidak berdampak pada lingkungan sekitarnya.

Hasan sapaan Kabid Kedaruratan BPBD Nunukan menambahkan, kegiatan ini dimotori oleh Kelurahan Nunukan Tengah dengan jumlah peserta 30 orang.

Terdiri dari tokoh masyarakat, ketua RT, babinsa, babinkamtibmas dan aparatur kelurahan lainnya.

Selain BPBD, pada kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Lurah Nunukan Tengah ini juga menjadi nara sumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nunukan.

Tujuan utama dari pembekalan ini adalah, memberikan pemahaman kepada masyarakat soal upaya penanggulangan bencana agar lebih cepat tanggap dan tepat. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here