Pemkab Polman Sosialisasikan Dana BOS Afirmasi

0
90

Polewali Mandar (BERANDATIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat mengsosialisasikan program dana bantuan operasional sekolah (BOS) Afirmasi dan Kinerja untuk jenjang pendidikan SD dan SMP pada, Kamis, 9 Oktober 2019.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Aula Dinas Dikbud Polewali Mandar yang diikuti 42 sekolah penerima 2019.

Sekertaris Dinas Dikbud Polewali Mandar Hamka Rasyid dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan BOS Afirmasi diperuntukan bagi sekolah terluar, terdepan dan terpencil (3T). Sementara bantuan BOS Kinerja diperuntukan bagi sekolah yang berkinerja bagus.

“Jadi, bapak ibu kepala sekolah harus bersyukur atas bantuan pemerintah ini. Bantuan ini tentunya dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan,” tegas Hamka.

Ia menegaskan, dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja digunakan untuk pembelian perangkat digital dan merupakan jawaban dalam rangka menghadapi era revolusi 4.0.

“Kita berharap perangkat digital ini dibelanja langsung oleh pihak sekolah tanpa ada tekanan dan interpensi dari pihak manapun. Tolang nanti perangkat digital ini dirawat dan digunakan dengan baik sesuai peruntukannya,” pesan Hamka Rasyid.

Sedangkan Plt. Kabid Pendidikan dan Pengajaran Dinas Dikbud Polewali Mandar Nurman AN, mengapresiasi seluruh sekolah yang berhasil mendapatkan bantuan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja.

“Sekolah harus mengoptimalkan bantuan tersebut yang diberikan pemerintah pusat,” ujar Nurman.

Nurman menambahkan program bantuan dana ini untuk menunjang pemerataan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Polewali Mandar.

“Bantuan ini harus dijadikan menyemangat dan memotivasi sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Mudah-mudahan dengan bantuan ini mampu mempercepat ekselerasi dalam proses belajar mengajar di sekolah,” harap dia.

Ia meminta, setelah bantuan digital ini sudah tiba di sekolah, hal yang perlu diperhatikan adalah melatih guru dalam mengoperasikan perangkat digital tersebut.

Tujuan sistem digital ini adalah, pada saat proses belajar mengajar berlangsung guru tidak lagi berada di depan tetapi berada pda posisi di tengah-tengah siswa membimbing sehingga siswa lebih inovatif dan kreatif.

Catatan: Pemerintah terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan pada semua tingkatan. Tidak terkecuali bagi sekolah yang berada pada wilayah 3T.

Upaya tersebut tidak terlepas dari komitmen mendorong terwujudnya terciptanya anak didik yang berkualitas menuju harapan sumber daya manusia (SDM) yang bersaing dan berdaya guna.

Salah satu daerah yang menerima dana bantuan pemerintah berupa dana BOS Afirmasi dan Kinerja ini tentunya kabar gembira bagi jenjang pendidikan tingkat SD dan SMP.

Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar langsung menindaklanjutinya dengan mengsosialisasikan kepada 42 kepala sekolah tingkat SD dan SMP yang bakal mendapatkan bantuan dana yang bersumber dari APBN. (*)

Reporter: Almadar Fattah
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here