Bantuan Alat Tulis Bagi Anak Sekolah
BUpati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid foto bersama dengan anak-anak sekolah yang mendapatkan bantuan alat tulis pada Senin (11/1)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kaltara menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar yang bersumber dari APBN melalui dana insentif daerah (DID) untuk perbaikan kualitas pendidikan.

DID diperoleh berkat keberhasilan Kabupaten Nunukanmeraih wajar tanpa pengecualian (WTP) lima kali secara beruntun dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) sehingga berhak mendapatkan Rp35 miliar.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid di Nunukan, Senin, 11 Januari 2021 mengatakan dari Rp35 miliar DID yang diperoleh dari APBN atas keberhasilan meraih lima kali WTP berturut-turut itu untuk pengembangan kualitas pendidikan sebesar Rp1 miliar.

Baik bantuan berupa sarana prasarana maupun alat tulis menulis bagi anak-anak sekolah kurang mampu mulai tingkat TK/PAUD, SD dan SMP dan lembaga kesetaraan.

Bantuan bagi anak sekolah ini telah ditunaikannya pada Senin, 11 Januari 2021 dengan pembagian alat tulis dan peralatan belajar lainnya kepada 1.180 orang yang diserahkan secara simbolis karena pandemi COVID-19.

Anak sekolah yang mendapatkan bantuan menggunakan DID 2020 ini mulai tingkatan PAUD/TK, SD dan SMP pada 115 satuan pendidikan di 14 kecamatan. Secara rincinya adalah 83 TK/PAUD, 19 SD, 12 SMP dan sederajat dan kesetaraan 1 lembaga.

Laura sapaan Bupati Nunukan berpandangan perlunya memperhatikan pelayanan dasar pendidikan di daerahnya meskipun mengalami banyak kendala akibat kondisi geografis. Namun, tidak menyurutkan niatnya untuk berupaya keras untuk mewujudkan mimpinya mencerdaskan generasi muda.

Untuk itu, kata dia, pelayanan dasar pendidikan harus ditangani dengan semaksimalmungkin dengan memberikan bantuan alat tulis dan buku-buku pelajaran. Selain itu, mengatur pemenuhan kuanatitas dan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan di sekolah-sekolah.

Ia menambahkan anak sekolah yang diberikan bantuan dengan anggaran yang bersumber dari APBN melalui DID yang diterima pada 2020 diprioritaskan bagi warga kuranag mampu.

Bantuan yang diserahkan kepada anak-anak PAUD/TK, SD dan SMP secara simbolis tersebut berupa tas sekolah lengkap dengan isinya berupa alat-alat tulis menulis.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Junaedi mengutarakan sangat terbantu atas adanya DID dari Pemerintah atas keberhasilan meraih WTP lima kali berturut-turut. DID ini juga akan digunakan memperbaiki sarana prasarana pendidikan di daerahnya terkait dengan pembangunan sarana fisik sekolah tingkat SD dan SMP. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here