Dandim: Kami Siap Mendampingi Petani

Flores Timur (BERANDATIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Flores Timur NTT melakukan penanaman jagung hingga puluhan hektar pada lahan tandus sebagai bentuk Revolusi Pertanian.

Guna mewujudkan program Pemkab Flores Timur ini, Kodim 1624 setempat bersedia mendampingi petani.

Bupati Flores Timur, Antonius Herbertus Gege Hadjon menjelaskan, penanaman jagung jenis hibrida bantuan Pemerintah Pusat ini menjadi pilot projec (proyek percontohan) di Kabupaten Flores Timur.

Anton Hadjon sapaan Bupati Flores Timur mengungkapkan, pihaknya akan terus mengembangkan tanaman jagung hibrida di daerahnya sehingga ke depannya akan menggenapkan 36 hektar.

Bukan hanya penanaman jagung ini di Desa Ile Gerong dan Adabang Kecamatan Titehena tetapi juga bakal dikembangkan di desa lainnya.

Untuk mewujudkan program Revolusi Pertanian ini, Bupati Flores Timur memgharapkan, Pemerintah Pusat bersedia memberikan bantuan bibit pada masa yang akan datang dalam jumlah yang lebih besar.

Ia menyatakan, penanaman jagung ini menggunakan bibit sebanyak 7,5 ton merupakan perdana pada tahun anggaran 2020
Untuk itu, Anton Hadjon bercita-cita menanam jagung pada lahan yang lebih luas.

“Penanaman jagung pada tahun anggaran 2020 ini adalah perdana. Ini merupakan proyek percontohan sehingga ke depannya akan ditanam di desa lainnya,” ucap dia pada Jumat, 10 Desember 2020.

Pada kesempatan itu, Komandan Kodim 1624 Flores Timur, Letkol Inf Komang Agus mengatakan, guna mewujudkan program Revolusi Pertanian oleh Pemkab Flores Timur maka pihaknya siap mendampingi petani setempat saat menanam. Ataupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pengembangan tanaman jagung tersebut.

Komang bahkan berjanji akan mengerahkan prajuritnya dari koramil-koramil mendampingi petani saat menanam maupun panen.

Penanaman perdana jagung di Desa Ile Gerong dan Adabang ini dilaksanakan pada Selasa, 7 Desember 2020 dihadiri, Camat Titehena, Dandim Flores Timur, Bupati Flores Timur, Plt Kadis Pertanian Flores Timur, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Lusia Hadjon selalu Ketua Tim Penggerak PKK Flores Timur. (*)

Penulis: Fransiskus Gerardus Molo
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here