Longsor di Tapango, Polman Rusak Rumah Warga
Salah satu rumah warga yang dihantam tanah longsor di Kecamatan Tapango, Kabupaten Polman akibat hujan deras

Polewali Mandar (BERANDATIMUR.COM) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sejak Minggu hingga Rabu menyebabkan terjadinya bencana alam yakni longsor dan banjir di beberapa wilayah di Kecamatan Tapango.

Salah satu lokasi longsor di Desa Kalimbua mengakibatkan lima rumah milik warga rusak parah disebabkan gunung di sekitar permukiman warga yang tergerus dan jalanan pada sejumlah titik nyaris putus.

Meskipun kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun warga terdampak yang mengalami kerugian materi akibat rumahnya tertimbun tanah longsor.

Salah satu warga Abd Rahman mengungkapkan selain lima rumah warga yang rusak parah diterjang lumpur bercampur batu itu, juga badan jalan yang menghubungkan Desa Kalimbuan dan Desa Kaurrak untuk sementara terputus.

Begitu juga di Desa Riso, hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan jalan menuju Rakkasang hampir terputus dan dua rumah warga disekitar bantaran sungai nyaris rubuh.

Informasi lain dari warga setempat, jika hujan masih terus berlangsung dikhawatirkan jembatan yang berada di tengah-tengah Desa Riso terancam putus akibat derasnya aliran air yang ada di sungai itu.

Sedangkan di Desa Dakka puluhan hekter sawah milik masyarakat terkenang air sampai tidak kehilatan padinya padahal padi tersebut sudah mulai ke luar buahnya.

Dari hasil pemantauan di tempat longsor dan banjir, masyarakat langsung melakukan kerja bakti oleh instansi terkait untuk menyingkirkan material yang terbawa ke dalam rumah maupun di badan jalanan.

Reporter : Almadar Fattah
Editor : M. Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here