Ekspor Rumput Laut ke Tiongkok
Kadis Perdagangan Kabupaten Nunukan, Dian Kusumanto

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara kembali melakukan ekspor rumput laut yang keempat kalinya. Kali ini tujuannya ke negeri tirai Bambu Tiongkok sebanyak 21 ton yang dikemas dalam satu kontainer.

Sekaitan dengan ekspor ini, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan, Dian Kusumanto di Nunukan, Selasa membenarkan adanya kegiatan pengangkutan rumput laut tujuan Tiongkok.

“Iya. Memang ada tadi pagi pengangkutan rumput laut di Pelabuhan Tunon Taka untuk diekspor ke China (Tiongkok) sebanyak satu kontainer isinya 21 ton,” beber dia di Kantor Bupati Nunukan.

Ekspor rumput laut tujuan Tiongkok ini merupakan keempat kalinya. Namun tiga kali ekspor sebelumnya tujuan Kores Selatan yang dilakukan oleh perusahaan yang sama yakni PT Sebatik Jaya Mandiri.

Ekspor perdana ini ke Tiongkok baru direalisasikan karena baru mendapatkan izin registrasi dari negeri tirai bambu ini. “Kita baru ekspor rumput laut ke China karena baru dapatkan izin registrasi dari sana (Tiongkok),” ujar dia.

Ia mengharapkan, pada masa yang akan datang eskpor produksi rumput laut daerah itu terus lancar dan berlangsung secara kontinyu. Sebab dia yakin, produksi rumput laut di Kabupaten Nunukan sangat tersedia hingga ribuan ton setiap panen.

“Produksi rumput laut kita sangat siap memenuhi permintaan dari importir,” sebut Dian.

Rumput laut yang dieskpor ke Tiongkok kali ini dalam bentuk “packing” atau sudah dipres sedemikian rupa menggunakan mesin yang disediakan PT Sebatik Jaya Mandiri.

Bahkan Dian katakan, empat kontainer telah disediakan oleh perusahaan ekspor itu namun baru satu kontainer yang terisi. Tetapi pada dasarnya, ketersediaan produksi rumput laut sesuai dengan kualitas yang dikehendaki negara tujuan telah siap diekspor. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here