Gempa 5,9 SR Guncang Majene, Sulbar
Salah satu rumah warga yang rubuh di Kecamatan Malunda, Majene akibat gempa mengguncang daerah itu, Kamis (14/1)

Majene (BERANDATIMUR.COM) – Gempa bumi dengan magnitudo 5,9 skala righter (SR) mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat menyebabkan puluhan rumah warga dan bangunan hancur (rubuh). Kejadiannya pada Kamis, 14 Januari 2021 sekira pukul 14.35:49 Wita.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMG), menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo M=5,9 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 kilo meter arah Barat Laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 kilo meter.

Dengan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi ini adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal sehingga gempanya memiliki mekanisme pergerak naik (thrust fault).

Hingga kejadian saat itu, hasil monitoring BMKG menunjukkan 2 aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo maksimun M=4,9.

Gempa 5,9 SR Guncang Majene, Sulbar
Salah satu rumah warga yang retak akibat gempa 5,9 SR mengguncang Kecamatan Malunda, Majene, Kamis (14/1)

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno, menyampaikan gempa bumi dengan sesar lokal tidak berpotensi tsunami. Namun diimbau kepada warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hanya saja, Bambang mengimbau seluruh agar tetap waspada akan terjadinya gempa susulan serta menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Gempa tersebut juga dirasakan getarannya sampai di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan bahkan sampai di Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di Balikpapan.

Informasi yang diperoleh dari seorang warga Kecamatan Sendana via telepon selulernya sesaat setelah kejadian menuturkan, warga yang sangat merasakan gempa itu disekitar Kecamatan Malunda dan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.

Gempa tiba-tiba berlangsung disaat warga sedang istirahat siang. Namun, sampai sekarang belum ada laporan korban jiwa, kecuali kerugian yang dialami warga karena banyaknya rumah warga yang retak dan bahkan ada yang rubuh akibat guncangan yang terjadi tadi siang.

Reporter : Almadar Fattah
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here