Panen Buah Melon dan Semangka di Mansapa
Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid (duduk) memetik buah melon di kebun salah satu warga di Kelurahan Mansapa, Jumat (11/10).

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Panen buah semangka dan melon oleh salah seorang petani di Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid mengapresiaso kerja keras dan keuletan petani di daerah itu.

Lokasi perkebunan semangka dan melon yang dipanen itu berada di area Perkebunan Buah di Kampung Dayak Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan.

Laura panggilan Bupati Nunukan menyatakan, hasil panen dua jenis buah-buahan ini sangat menggembirakan dan memuaskan. Sehubungan dengan hasil panen yang melimpah dari lahan sekira tiga hektar itu milik Asdar, Ketua Kelompok Tani Pesona Mansapa.

Petani semangka dan melon ini merupakan binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Nunukan.

Laura tampak sumringah dan bersemangat saat memetik buah melon dengan jumlah yang cukup banyak terhampar di hadapannya.

Setelah itu dia berkeliling kebun melihat-lihat tanaman melon dan ssmangka yang siap dipanen.

Ada tiga jenis semangka yang ditanam dilaham perkebunan milik Asdar yakni semangka tanpa biji, semangka kuning, dan semangka hitam manis.

Laura pun mengaku senang dan gembira hasil panen buah semangka dan melon melimpah. Sebab keberhasilan petani mengembangkan sektor agrobisnis sebagai sektor unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Hari ini bisa lihat bersama bahwa Kabupaten Nunukan memiliki potensi agrobisnis yang luar biasa yang jika dikelola dengan baik akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Laura.

Sementara itu, Asdar menuturkan, hasil panen semangka dan melon dari kebun miliknya dijual ke pasar dan bekerja sama PT Sago Pratama.

PT Sago Pratama adalah perusahaan tambang emas di Kabupaten Nunukan dimana Asdar selaku pemasok buah-buahan kebutuhan karyawannya.

Asdar mengaku, buah semangka dan melon miliknya dijamin bebas dari pestisida sesuai dengan sertifikat dari DPKP Kabupaten Nunukan.

Petani ini membeberkan, hasil panen buah semangka dan melon untuk satu hektar lahannya mencapai 1,7 ton sampai 2 ton.

CATATAN : Panen hasil perkebunan berupa buah-buahan di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara telah beberapa kali dilakukan. Memang tanaman semacam ini baru dibudayakan oleh pemerintah daerah setempat.

Seiring dengan program andalan “Agribisnis Menunu Masyarakat Adil Sejahtera” sehingga mendorong terus agar kesinambungan tanaman ini perlu dilakukan.

Sekian kali panen dengan jenis buah-buahan yang sama selalu dikatakan berlimpah. Hanya saja, ke depannya limpahan pemasarannya perlu dipikirkan oleh Pemda Kabupaten Nunukan.

Jika pemasarannya dapat ditemukan maka tidak tertutup kemungkinan petani lainnya akan melakoni sektor perkebunan dengan menanam tanaman yang sama menjadi lebih banyak lagi.

Masyarakat yang bertugas hanya menanam perlu dibantu dengan mencarikan sasaran pasarnya dari hasil bertani atau berkebun.

Hal ini berkaitan dengan sinergitas antara pemda dengan masyarakatnya yang punya komitmen mengembangkan tanaman agribisnis tersebut. (***)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here