Jalanan di Desa Tubbi Polman Rusak
Warga mendorong kendaraannya yang sarat muatan akibat kondisi jalan yang rusak dan licin di Desa Tubbi Kecamatan Tutar Sulbar, Minggu (12/1).

Polewali Mandar (BERANDATIMUR.COM) – Jalanan poros satu-satunya di Desa Tubbi Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar yang sangat memprihatinkan tak digubris Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sehingga warga harus mendorong kendaraannya.

Seperti yang dilakukan Aco, sopir mobil yang melintas di jalan itu dengan mengangkut berbagai keperluan warga setempat pada Minggu, 12 Januari 2020.

Aco menyatakan, pada saat musim hujan seperti sekarang ini kendaraan sangat kesulitan melintas di jalan itu karena jalur tersebut berupa tanjakan dan licin.

Situasi jalan tersebut telah berlangsung sejak puluhan tahun namun belum pernah mendapatkan perhatian oleh pemerintah daerah setempat.

Jalanan poros di Desa Tubbi ini merupakan milik Provinsi Sulbar. “Kami harus saling menunggu agar bisa saling mendorong atau saling menarik di tanjakan itu”, ujar Aco.

Pantauan di lapangan, tampak warga yang melintas saling bantu membantu mendorong mobil yang mengangkut beberapa keperluan hasil belanjaan di kota.

Kepala Desa Tubbi yang menolak ditulis identitasnya menyebutkan, jalanan di daerahnya tersebut bukan tanggungjawabnya tetapi Pemprov Sulbar.

“Bahwa jalan ini adalah tanggung jawab pemerintah provinsi (Sulbar) jadi kami di sini sangat lemah,” sebut Kades Tubbi ini.

Ia pun berharap kepada Pemprov Sulbar agar memperhatikan jalanan ini untuk memperbaiki secepatnya.

Panjang jalanan yang memprihatinkan ini sekira lima kilo meter. (*)

Penulis : Syaripuddin
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here