Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nunukan memprediksi wilayah Kalimantan Utara bakal dilanda hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang malam ini.

Hal ini diutarakan PMG Pratama BMKG Nunukan, Taufik Rahman melalui siaran tertulisnya, Rabu malam perihal kondisi cuaca di Kaltara.

Ia menjelaskan, peringatan dini cuaca Kaltara melalui pantauan satelit BMKG Nunukan pada 6 November 2019 mulai pukul 20.15 wita berpotensi diguyur hujan.

Bahkan hujan yang disertai angin kencang akan berlangsung hingga pukul 22.00 wita di wilayah Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan Malinau Barat di Kabupaten Malinau.

Kemudian di Kabupaten Bulungan akan berlangsung hujan sedang hingga lebat di daerah Kecamatan Peso, Peso Hilir, Tanjung Palas Barat, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara, Tanjung Palas dan Tanjung Selor serta Kecamatan Sekatak.

Selanjutnya di Kota Tarakan hingga meluas di wilayah Sekatak Betayau, Sesayap Hilir, Sesayap, Pulau Bunyu, dan sekitarnya.

“Untuk wilayah Kaltara pada malam ini berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang pada sejumlah wilayah yang berlangsung hingga ukul 22.00 wita,” beber Taufik.

Sedangkan di Kabupaten Nunukan sendiri sejak beberapa hari ini tampak mendung pada siang hari hingga malam hari.

Namun hanya terjadi hujan ringan hingga sedang yang sifatnya lokal. Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan bahwa wilayah tiga seperti Desa Kunyit Kecamatan Sebuku berlangsung hujan deras yang menyebabkan permukiman warga tergenang air.

– Kaltara Mendekati “Zero Hotspot”

BMKG Nunukan juga memantau wilayah Kaltara dalam posisi mendekati “zero hotspot” berkat kerja sama dan kerja keras semua elemen masyarakat, pemda dan instansi vertikal khususnya di Kabupaten Nunukan.

Taufik menyatakan, penurunan titik panas dan titik api di Kaltara dianggap berkat keberhasilan dalam menjaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Penurunan hingga mendekati “zero hotspot” juga tidak terlepas pula dari terobosan-terobosan dari Satgas Karhutla di daerah itu pada setiap lini yang saling mendukung dan bersinergi dalam menjaga wilayah masing-masing. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here