Penyerahan Hadiah Lomba Kebersihan Lingkungan
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada salah satu ketua RT peraih juara, Jumat (8/1)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Lomba kebersihan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nunukan, Kaltara pada 2020 antar rukun tetangga (RT) se Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan, menetapkan enam RT sebagai juara.

Keenam RT peraih juara tersebut adalah RT 13 Kelurahan Nunukan Barat (Juara I), RT 12 Kelurahan Nunukan Tengah (juara II), RT 04 Kelurahan Nunukan Selatan (juara III), Rt 04 Kelurahan Nunukan Utara (Juara Harapan I), RT 03 Kelurahan Nunukan Timur (Juara Harapan II) dan RT 06 Kelurahan Mansapa (Juara Harapan III).

Keenam RT ini berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan dan piala yang diserahkan oleh Bupati NUnukan Hj Asmin Laura Hafid didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dr H Rustan Samsuddin pada Jumat, 8 Januari 2021.

Bertempat di Lantai IV Kantor Bupati Nunukan, dalam sambutannya Laura menyampaikan bahwa lomba kebersihan lingkungan antar RT ini adalah sebuah terobosan yang telah dilakukan Pemkab Nunukan melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Hal ini tentunya, perwujudan program ini dengan lomba kebersihan lingkungan antar RT sebagai upaya pemerintah dalam mendorong keterlibatan masyarakat secara aktif untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pada kesempatan itu, Laura juga mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih serta sanitasi yang sehat. Sebab masalah kebersihan lingkungan bukanlah menjadi tanggungjawab pemerintah semata.

Bupati Nunukan menyarankan kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan tempat tinggal, RT, kelurahan hingga tingkatan lebih luas lagi.

Ia juga mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nunukan yang menggagas lomba kebersihan antar RT. Tentu akan berdampak pada upaya mendorong kesadaran masyarakat untuk turut aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kedepan, Laura berharap kiranya kegiatan serupa dapat ditingkatkan dengan cakupan yang lebih luas lagi sembari tetap mempertahankan apa yang telah dicapai.

“Saya juga berharap kiranya apa yang diraih ini dapat menjadikan motivasi untuk lebih baik, janganlah semata-mata hanya untuk mengikuti lomba saja. Namun ada peningkatan kesadaran dari warga masyarakat di wilayah bapak dan ibu untuk terus menjaga lingkungannya tetap bersih dan sehat,” pintanya Laura kepada Ketua RT yang hadir.

Apabila kegiatan ini intens digelar, dijaga dan dipupuk, dia yakin akan tercipta kemandirian dari masyarakat untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, terlebih di masa pandemi COVID-19 ini.

Karena, menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat sudah menjadi kewajiban bersama yang harus diterapkan disamping menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, ucap Bupati Nunukan ini. (Humas Pemkab Nunukan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here