Izin Operasi Maskapai MAF Telah Rampung, Berkat Perjuangan Legislator Ini.

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Izin operasi penerbangan maskapai MAF yang melayani penerbangan di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara akhirnya terbit.

Setelah lama terkatung-katung sehingga warga di wilayah perbatasan kesulitan sarana angkutan. Ini berkat perjuangan anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus dari Fraksi PDI Perjuangan.

Keberhasilan dibarengi kepedulian yang tinggi kembali ditunjukkan anggota DPR RI terhadap konstituennya di Kalimantan Utara. Kecepatan merespon keluhan masyarakat patut diapresiasi.

Sebagaimana keluhan seorang warga melalui chatting di aplikasi whatsapp terkait kesulitan yang dialaminya disebabkan izin operasi maskapai MAF yang melayani transportasi udara di Kabupaten Malinau.

Menanggapi keluhan masyarakat perbatasan di Kaltara ini, Deddy Sitorus melalui keterangan tertulisnya menceritakan, awalnya pada 31 Mei 2020 mendapatkan keluhan masyarakat via chatting kepadanya.

Perihal izin pengoperasian maskapai yang melayani pengangkutan warga di perbatasan yang tak kunjung terealisasi.

Padahal, pengajuan izin operasi telah berlangsung lama tanpa ditemukan solusinya sehingga evakuasi pasien COVID-19 selalu terhambat.

“Saya mendapat WA dari Sdr Stevanus Yoel Lufung, terkait kesulitan mobilitas masyarakat di Malinau akibat belum terbitnya izin bagi MAF untuk beroperasi. Masalah ini sdh berlangsung lama dan kebutuhan masyarakat sudah mendesak terutama utk evakuasi pasien COVID-19,” ujar dia.

Setelah mendapatkan aspirasi dari warga via chatting ini, dia mengaku langsung mengkomunikasikan dengan Ketua Komisi V DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Perhubungan.

“Pada saat itu saya langsung berkomunikasi dengan Ketua Komisi V DPR RI (Lasarus) juga dari Fraksi PDIP dan menyatakan bersedia membantu,” kata anggota DPR RI dari Dapil Kaltara ini.

Pada saat yang sama menyampaikan keluh kesah warga perbatasan tersebut kepada Sekretaris Menteri Perhubungan.

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus adalah legislator FPDIP dimana satu fraksi dengan Deddy Sitorus ini.

Beberapa hari kemudian, Deddy mengatakan bahwa Ketua Komisi V DPR RI menghubunginya  bahwa izin MAF sedang diproses.

“Tidak lama kemudian saya juga mendapat informasi dari Dirjen Perhubungan Udara bahwa mereka telah memproses izin tersebut,” tambah dia.

Namun pada Jumat siang, 12 Juni 2020 dia mengaku mendapat informasi dari Lazarus (Ketua Komisi V DPR RI) bahwa izin operasi yang diharapkan telah diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara sekaligus menerima fotocopi izin yang dimaksudkan.

“Saya juga mendapat copy izin yang telah diterbitkan tersebut,” imbuh dia. (***)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here