Enam Kotak Suara Pilpres di Sandakan Terbakar, Pemungutan Suara di Sabah Dimulai

0
222

Sandakan (BERANDATIMUR.COM) – Pemungutan suara atau hari pencoblosan pemilu presiden-wakil presiden dan DPR RI di Negeri Sabah Malaysia khususnya di perusahaan perkebunan dan kilang dimulai hari ini (8/4).

Namun saat pengangkutan kotak suara yang berisi surat suara, kendaraab roda empat yang digunakan mengalami kecelakaan (terbakar).

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kota Kinabalu Negeri Sabah, Cahyono Rustam dari Labuan, Senin (8/4) membenarkan, telah terjadi musibah satu hari sebelum dimulai hari pencoblosan di wilayah Sandakan.

Kotak dan surat suara yang terbakar saat didistribusikan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang berdomisili di perkebunan sawit di Sandakan dan Kinabatangan.

Lokasi kejadian di Jalan Sapi Sandakan pada Minggu (7/4) sekira pukul 15.00 waktu setempat.

Cahyono mengungkapkan, sebanyak enam kotak untuk tiga KSK (kotak suara keliling) di wilayah kerja perusahaan sawit IJM dan Meridian.

“Kotak dan surat suara yang terbakar saat diantar ke KPPSLN perusahaan sawit IJM dan Meridian,” beber Cahyono.

Berdasarkan hasil tinjauan PPLN Kota Kinabalu ke lokasi kejadian, kata Cahyono, penyebab kebakaran kendaraan masih diselidiki oleh pihak kepolisian wilayah Beluran, Sandakan.

Sedangkan korban yakni sopir mobil atas nama Saenuddin mengalami luka bakar dan sempat dirawat di Klinik perusahaan kelapa sawit milik Wilmar Plantation dan empat lainnya selamat.

“Seluruh korban merupakan petugas KPPSLN,” ujar dia.

Sementara enam kotak dan seluruh surat suara tidak dapat diselamatkan.

Musibah ini telah dilaporkan ke KPU Perwakilan Luar Negeri dan secepatnya akan mengirim logistik (kotak dan surat suara yang rusat) pengganti. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here