Rekapitulasi DPS Pilgub Kaltara
Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara akan mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) hasil pleno rekapitulasi kepada masyarakat untuk mendapatkan tanggapan demi pilkada pilgub Kaltara 2020 yang berintegritas.

Hal ini diutarakan Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami kepada media pada Selasa, 15 September 2020 setelah melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil pemutakhiran kabupaten/kota.

“DPS ini sifatnya masih sementara dan akan menunggu tanggapan masyarakat ketika diumumkan nantinya. Jadi DPS ini belum final,” ucap dia seraya menambahkan, KPU Kaltara berharap pilkada serentak 2020 tetap berintegritas.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi DPS Pilgub Kaltara, dia menyebutkan berjumlah 420.251 orang yang terdiri dari pemilih pria sebanyak 217.857 orang dan 202.394 perempuan.

Dari total DPS ini tersebar pada lima kabupaten/kota di Kaltara dengan 55 kecamatan, 482 desa/kelurahan dan 1.567 tempat pemungutan suara (TPS). Sebagaimana diketahui bahwa jumlah pemilih dalam satu TPS maksimal 500 orang.

Proses pemutakhiran data pemilih berbasis TPS di kabupaten/kota telah dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dimana dilakukan dari rumah ke rumah sesuai dengan alamat yang tertera dalam DP4 dari Kemdagri.

Apabila ada penduduk yang tercatat dalam DP4 tersebut tidak ditemukan pada saat dikunjungi rumahnya sesuai alamatnya oleh PPDP, maka petugas mengkroscek kembali. Ketika belum ditemukan lagi maka petugas (PPDP) berkoordinasi dengan ketua RT masing-masing.

“Jadi pada saat pencoklitan nama bersangkutan tidak ditemukan maka didatangi lagi. Apabila masih tetap ditemukan hingga berakhirnya pemutakhiran maka petugas PPDP berkoordinasi dengan pihak keluarga yang kenal atau pihak RT setempat. Kalau tidak ditemukan lagi maka kita coret,” ungkap Suryanata.

Namun, lanjut dia, sepanjang ada pihak yang bisa memberitahukan kebenaran penduduk bersangkutan maka tetap dimasukkan dalam DPS. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here