Banjir Kecamatan Sebuku Kabupaten Nunukan
Permukiman warga di Desa Kunyit digenangi air pasca hujan deras melanda daerah itu sejak semalam, Senin (5/11)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Laporan Badan Penangguilangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, hujan deras yang melanda Kecamatan Sebuku mengakibatkan permukiman warga di Desa Kunyit mulai tergenang air.

Musim hujan yang mulai mengguyur Kabupaten Nunukan akhit-akhir ini patut diwaspadai akan terjadinya banjir dan genangan air pada permukiman warga utamanya yang berada di dataran rendah.

Seperti yang dialami sejumlah warga di Desa Kunyit Kecamatan Sebuku sejak Selasa dini hari, 6 Nopember 2019 sehingga membutuhkan kewaspadaan tinggi agar tidak menyebabkan terhentinya aktifitas warga.

Ancaman banjir bagi warga setempat biasa berlangsung setiap musim hujan khususnya yang berada di bantaran sungai yang berpotensi meluap.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Nunukan, Hasanuddin di Nunukan, Selasa, 6 Nopember 2019 membenarkan satu desa di Kecamatan Sebuku yakni Desa Kunyit dimana permukiman warga mulai digenangi air pasca hujan deras pada malam harinya. Bahkan, informasi dari Pos BPBD Kecamatan Sebuku menyebutkan, genangan air belum surut hingga pukul 11.30 wita siang hari ini.

Hasan sapaan Kabid Kedaruratan BPBD Nunukan ini melaporkan air mulai menggenangi permukiman warga di Desa Kunyit sejak dini hari dengan ketinggian hingga lutut orang dewasa.

“Kondisi air saat ini masih bertahan dan belum surut namun tidak ada pengungsian warga,” sebut Hasan sapaan Kabid Kedaruratan BPBD

Nunukan ini.

Hanya saja, dia memprediksi, kondisi air akan terus naik apabila hujan terus turun di daerah itu. Namun kondisi jalan poros di Desa Kunyit masih aman untuk dilintasi kendaraan.

Ia mengakui, beberapa desa di Kecamatan Sebuku memang sangat rawan dilanda banjir apabila hujan deras terus berlangsung termasuk Desa Apas. Tetapi desa ini belum mendapatkan laporan tergenang air.

Petugas BPBD Nunukan saat ini masih siaga di wilayah itu guna mengantisipasi dampak banjir yang sedang berlangsung. Stok bantuan pun disediakan untuk penanganan dengan diback up oleh Pemkab Nunukan apabila dibutuhkan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here