Pembentukan Desa Bersinar
Kepala BNNK Nunukan, Kompol La Muati (kedua kanan)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Kerja keras dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan serta peredaran narkotika di wilayah kerjanya maka Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nunukan, Kalimantan Utara terus melakukan terobosan. Setelah membentuk relawan pada sejumlah komunitas masyarakat, kali ini membentuk Desa Bersih Narkotika (Bersinar) di Desa Binusan Kecamatan Nunukan.

Pembentukan Desa Bersinar ini dengan tujuan utama pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Kabupaten Nunukan yang diketahuinya masih marak di tengah-tengah masyarakat. Semakin maraknya peredaran narkotika ini maka perlu adanya langkah-langkah kongkrit untuk melakukan pencegahan.

Menurut Kepala BNNK Nunukan, Kompol La Muati di Nunukan, Jumat, 3 Juli 2020, pembentukan Desa Bersinar ini diakuinya salah satu langkah pencegahan dan pemberantasan yang baru diprogram pada 2020 ini.

Hanya saja, Desa Bersinar ini tidak bisa dimaknai bahwa desa tersebut telah bebas peredaran narkotika secara umum 100 persen. “Bukan jaminan juga tapi diharapkan Desa Bersinar dapat mencegah peredarannya secara perlahan-lahan,” ungkap dia.

Selain itu, keberadaan Desa Bersinar ini nantinya dapat memberikan contoh bagi desa lainnya di Kabupaten Nunukan agar bersama-sama mencegah peredaran narkotika di wilayahnya. “Minimal memberikan contoh kepada desa lainnya agar membentuk kawasan yang sama agar mampu berperan memberantas peredaran narkotika di wilayahnya,” ujar La Muati, anggota polisi berpangkat satu bunga ini.

“Mengenai Desa Bersinar ini tidak berarti bisa dijamin tidak ada sama sekali pengguna atau peredaran narkotika di kawasan itu. Tetapi tujuan pembentukan

Desa Bersinar ini sebagai salah upaya mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkotika. Atau bisa dicontoh oleh desa lainnya,” harap dia.

BNNK Nunukan juga akan melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkotika di wilayah kerjanya salah satunya dengan

membentuk ketahanan diri agar masyarakat tidak mengonsumsi lagi narkotika dengan adanya Desa Bersinar ini.

Desa Bersinar ini diharapkan memberikan edukasi kepada masyarakat sekitarnya melalui tindakan dengan memasang umbul-umbul yang bersifat imbauan,

selebaran dan baleho di kawasan itu.

Tujuan lain yang diinginkan dengan pembentukan Desa Bersinar ini adalah mengingatkan masyarakat agar senantiasa berusaha menjauhi narkotika setelah

mendapatkan imbauan atau pengetahuan tentang bahaya dan efeknya, beber La Muati. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here