Program Layanan Paspor Simpatik Pulau Sebatik
Petugas Imigrasi Nunukan melayani pembuatan paspor di Pulau Sebatik melalui Program Layanan Paspor Simpatik pada Sabtu (7/12)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan membuka Layanan Paspor Simpatik bagi warga perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Layanan paspor simpatik ini digelar pada Sabtu (7/12) sekira pukul 08.00 wita di Pos Imigrasi Jalan H Beddu Rahim Desa Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan, Hanton di Nunukan melalui pesan tertulisnya, Minggu menyebutkan, program yang sama pernah digelar pada 2018 dengan kuota 90 pemohon.

Untuk 2019, Kantor Imigrasi Nunukan memprioritaskan 50 pemohon saja tetapi antusiasme masyarakat perbatasan di pulau itu sangat tinggi dengan antrean mulai pagi hari dengan jumlah 130 pemohon.

Hanton menyatakan, layanan paspor simpatik ini untuk pembuatan paspor baru dan penggantian paspor yang telah berakhir masa berlakunya.

“Program ini tidak melayani penggantian paspor hilang, paspor rusak dan perubahan data,” ucap dia.

Tujuan dilaksanakannya Layanan Paspor Simpatik ini diantaranya ingin mendekatkan diri lagi kepada masyarakat, dimana masyarakat banyak yang tidak sempat melakukan permohonan paspor pada hari kerja.

Mungkin dikarenakan kesibukan masing-masing sehingga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Kami memahami kebutuhan masyarakat,” kilah Hanton.

Adapun syarat untuk mendapatkan layanan ini, pemohon paspor baru wajib membawa e-KTP, kartu keluarga, akta lahir/buku nikah/ijazah sekolah.

Sedangkan pemohon yang ingin mengganti paspor wajib membawa e-KTP dan paspor lama (untuk paspor terbitan dalam negeri setelah tahun 2009).

Kemudian, pemohon pembuatan paspor anak wajib membawa e-KTP kedua orang tua, kartu keluarga, akta lahir anak, buku nikah orang tua.

Hanton menambahkan, program Layanan Paspor Simpatik juga digelar untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang sehari-harinya disibukkan dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya dan tidak memiliki waktu untuk mengurus permohonan paspor ke kantor Imigrasi Nunukan. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here