Demi Kaltara, Gubernur Zainal Kunjungi 4 Kementerian

Penandatanganan MoU dengan Kementerian Perhubungan
Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang (tengah) Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid (kiri) dan perwakilan Kemenhub saat penandatanganan MoU di Jakarta, Rabu (3/3)

Nunukan (BERANDATIMUR) – Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang terus melakukan gebrakan demi daerahnya ke depan dengan melakukan kunjungan pada empat kementerian di Jakarta, Rabu 3 Maret 2021.

Bersama Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP tampak berlari kencang untuk menata percepatan pembangunan ke arah lebih baik.

Keempat kementerian yang dikunjungi saat itu adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK).

Pada saat di Kemenko Maritim dan Investasi bersama Luhut Panjaitan, Zainal membahas berbagai hal terkait kemaritiman dan investasi di wilayah Kaltara yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Luhut berpesan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara agar memberikan ruang seluas-luasnya kepada para investor.

“Pak Menteri Luhut tadi minta agar Kaltara ramah terhadap investasi. Dengan catatan setiap investor yang masuk itu betul-betul bisa kerja, dan investornya kita evaluasi, serius atau tidak. Kemudian kalau ada yang menjual nama beliau (Menko), kata beliau segera gubernur laporkan,” ungkap Zainal.

Secara terpidah Di tempat terpisah, Gubernur Kaltara juga menghadiri penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kementerian Perhubungan terkait pembangunan Bandara Binuang di Kecamatan Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan.

Penandatangan MoU ini disaksikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Kaltara, Datu Iqro Ramadhan, Bupati Nunukan, Hj.Asmin Laura Hafid, Ketua DPRD Nunukan, dan Kepala Dinas Perhubungan Nunukan.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Perhubungan yang diwakili Dirjen Perhubungan Udara, Gubernur Kaltara juga menyampaikan rencana penambahan runway Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Serta pembangunan Bandara Long Alango Kabupaten Malinau.

Selanjutnya masih di hari yang sama, Gubernur juga melakukan pertemuan dengan Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan rapat koordinasi terkait perubahan penjabaran APBD Kaltara 2021.

“Kemendagri prinsipnya akan mendukung dan minta kita segera membuat surat dalam penjabaran itu, dan sudah kita kerjakan. Karena kita inginnya supaya pelayanan ke masyarakat itu bisa cepat jalan,” katanya.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan persoalan perpanjangan masa kerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara yang masih memiliki tanggungjawab untuk segera dituntaskan pada April tahun ini.

“Terkait penambahan masa kerja Bawaslu yang memerlukan anggaran, Kemendagri meminta surat kepada Pemprov Kaltara, dan meminta untuk dilakukan addendum bersama Bawaslu terkait hal tersebut,” ujarnya.

Terakhir, Gubernur Kaltara beserta staf melakukan rapat koordinasi di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam pertemuan ini, Gubernur disambut oleh Sekjen Kemen LHK.

“Intisari pertemuan dengan Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah tentang revolusi lahan terkait tambak. Kemudian mengenai penghijauan terutama di lahan penanaman mangrove,” tukasnya. (***)

Sumber: Diskominfo KaltaraEE
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here