Pelantikan Sekdakab Lembata NTT
Sekdakab Lembata yang baru Paskalis Tapobali

Lembata (BERANDATIMUR.COM) – Salah seorang putera terbaik Leragere dilantik menjadi Sekretaris Kabupaten Lembata NTT.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Paskalis Ola Tapobali selaku Sekda baru oleh Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur berlangsung hikmat bertempat di Bukit Cinta Lembata, Sabtu, 11 Januari 2020.

Sebelumnya, dua tahun terakhir Sekda Kabupaten Lembata dijabat Anastasius Amuntoda juga putera Leragere.

Usai pelantikan, Bupati Lembata menyampaikan bahwa kepercayaan jabatan Sekda kembali diberikan kepada putera Leragere.

“Saya mempercayai saudara maka saya menempatkan saudara sebagai pejabat defenitif Sekretaris Daerah”, ujar Sunur sapaan Bupati Lembata.

Dalam sumpah jabatan yang diambil dengan kepercayaan Katolik, dibacakan Bupati Lembata diikuti Paskalis Tapobali dengan kata-kata bahwa akan selalu setia pada pancasila dan UUD 1945. Tidak menyalahgunakan jabatan, selalu menjaga integritas dan bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah itu, Paskalis Ola Tapobali resmi menjabat Sekda langsung membacakan Pakta Integritas dengan menyebut? selalu transparan, tidak KKN dan akan memberantas KKN.

Lalu, Paskalis Tapobali berjanji tidak menerima hadiah atau pemberian untuk tujuan tertentu dan akan selalu menjadi contoh bagi pegawai di bawahnya dan selalu berlaku adil serta tidak terlibat konflik kepentingan.

Sekda baru Lembata ini juga membacakan surat pernyataan.

Selain Sekda baru, Bupati Lembata juga melantik dan mengambil sumpah  Anastasius Aur Amuntoda sebagai Kepala Keuangan Daerah. Sebelumnya menjabat Sekdakab Lembata.

Sedangkan Petrus Bote Leni dilantik sebagai Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan.

Sunur mengungkapkan, penempatan pejabat di jajaran Pemkab Lembata sebelumnya telah dilakukan pertimbangkan dari berbagai sisi. Utamanya pejabat Sekda yang berada dibawah Bupati dan Wakil Bupati yang merupakan pejabat politik.

“Saya tidak mengintervensi, dalam seleksi lelang jabatan Sekda.Terimakasih kepada pak Sius yang sudah banyak membantu”, tutup Sunur.

Penulis :  Fransiskus Gerardus Molo
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here