Kecamatan Lumbis Hulu Kabupaten Nunukan
Salah satu permukiman di Kecamatan Lumbis Hulu Kabupaten Nunukan. Foto: Camat Lumbis Hulu

Nunukan (BERANDATIMUR) – Kecamatan Lumbis Hulu adalah hasil pemekaran dari Kecamatan Lumbis Ogong sejak dua tahun lalu, letaknya berada di ujung utara Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia.

Daerah ini merupakan salah satu wilayah 3 T (terpencil, terluar dan terkebelakang) dimana sampai sekarang belum memiliki jalanan beraspal dan tidak ada akses penghubung antar desa, kata Camat Lumbis Hulu Justinus pada Rabu, 3 Maret 2021.

Ia mengakui ketertinggalan daerahnya patut mendapatkan perhatian dari Pemerintah karena bukan hanya masuk wilayah 3T tetapi boleh dikatakan 4 T yaitu terluar, terpencil, terkebelakang dan termiskin.

Berhubung kecamatan ini bagian dari wilayah 3T maka tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah di pusat untuk membangun wilayah perbatasan salah satunya Kecamatan Lumbis Hulu ini.

Menuju kecamatan ini dari Mansalong Kecamatan Lumbis satu-satunya hanya menggunakan perahu melewati jalur Sungai Pansiangan yang berhulu di Negeri Sabah, Malaysia.

Justinus katakan Pemerintah telah membuka jalan darat dari Mansalong menuju Tau Lumbis Kecamatan Lumbis Hulu sejak beberapa tahun lalu. Namun belum dapat difungsikan karena masih berbentuk jalan tanah dan belum memiliki jembatan.

Camat Lumbis Hulu ini mengaku mendapatkan informasi bahwa Pemerintah Pusat kembali akan memperbaiki jalanan tembus wilayah kerjanya dengan pengerasan dan pembangunan jembatan yang mencapai ratusan sungai ini.

Ia memaklumi belum ada jalanan beraspal di Kecamatan Lumbis Hulu karena sulitnya akses menuju ke wilayah itu. Tetapi patut disyukuri jalanan dalam ibukota kecamatan telah ada berbentuk semenisasi.

Hanya saja, Justinus menyatakan akses penghubung pada 10 desa di wilayah kerjanya belum ada sehingga satu-satunya jalur untuk menuju dan keluar dari desa menggunakan perahu.

Justinus berpandangan pembangunan wilayahnya harus ditangani Pemerintah Pusat karena bagian dari wilayah perbatasan dan 3T. Sementara Pemkab Nunukan sendiri tentunya sangat kesulitan membangun kecamatan itu karena keterbatasan anggaran.

“Pembangunan di Kecamatan Lumbis Hulu ini harus ditangani Pemerintah di pusat karena pemda tidak mungkin karena anggarannya terbatas,” harap dia. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here