Apoteker Puskesmas Long Bawan raih predikat teladan nasional

Apoteker Long Bawan teladan nasional
Doc Humas Pemkab Nunukan

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Seorang ASN di Puskemas Long Bawan Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara perbatasan dengan Sarawak Malaysia berhasil meraih predikat tenaga kesehatan teladan tingkat nasional.

Apoteker dari puskesmas ini meraih predikat ketiga teladan nasioanal 2019 atas nama Muhammad Akbar,S.Farm,Apt yang digelar oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Muhammad Akbar di Nunukan, Kamis menyatakan, pertama kali terangkat menjadi CPNS pada 2015 ditempatkan di Puskesmas Long Bawan Kecamatan Krayan.

Meskipun tempat tugasnya jauh di pelosok perbataswn negara selalu bersemangat dan tulus ikhlas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Akses ke tempat kerjanya dari ibukota Kabupaten Nunukan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi udara.

Berkat semangat dan keria kerasnya dengan melakukan inovasi berkaitan dengan kesehatan masyarakat maka berhasil meraih predikat ketiga nasional.

Ia mengatakan, seleksi ini diikuti 140 apoteker seluruh Indonesia dengan beberapa tingkatan seleksi ketat.

Setelah sukses mencapai 12 besar maka setiap peserta melakukan inovasi yang dituangkan dalam bentuk makalah.

Suami dari Rahma Tri¬† Yuniastuti ini melakukan inovasi dengan judul ‚ÄúPertolongan Pertama Pada Keluarga (P3K) dengan Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga (Asman Toga) Plus Akupresure dan PITON (Profil Tumbuhan Obat Krayan) Menuju Masyarakat Perbatasan Produktif”.

Menurut Akbar, tujuan dari inovasi yang dilakukannya adalah agar masyarakat mampu memelihara kesehatan secara mandiri sehingga bisa produktif dari aspek sosial, ekonomi, budaya, lingkungan dan kesehatan.

Selain itu, Akbar juga membuat Buku PITON yang bertujuan untuk melestarikan pengetahuan lokal masyarakat Etnis Dayak Lundayeh yang ada di Kecamatan Krayan dengan proyek percontohan desa toganya yakni Desa Buduk Tumu.

Akbar menjelaskan, penyehat tradisional (HATTRA) di Krayan saat ini yang terdata baru lima orang dan masih banyak di desa lain yang aktif.

Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesteladan) 2019 ini diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto di Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Selasa (12/11).

Editor: M Rusman
Sumber: Humas Pemkab Nunukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here