Anggota FPDIP DPR RI Serahkan Ratusan Sertifikat Bea Siswa PIP di Flotim

Flores Timur (BERANDATIMUR.COM) – Anggota Fraksi PDIP DPR RI Andreas Hugo Pareira menyerahkan ratusan sertifikat bea siswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahap pertama di Kabupaten Flores Timur, NTT.

Jumlahnya sebanyak 438 sertifikat yang diperuntukkan bagi 394 murid SD dan 43 siswa siswi SMA dan SMK.

Penyerahan bertempat di Aula Kantor Desa Riangkemie Kecamatan Ile Mandiri pada Minggu, 13 September 2020.

Bea siswa tersebut merupakan bantuan Pemerintah melalui dana aspirasi dari Komisi X DPR RI ini diterima oleh masing-masing kepala sekolah penerima.

Dalam sambutannya, Andreas menyampaikan bahwa guru menjadi garda terdepan dalam proses serta mendukung pendidikan anak anak.

Sehubungan dengan masih banyaknya anak putus sekolah di NTT, dia minta, perlunya tingkat kesadaran orang tua dalam mendukung pendidikan anak sebagai generasi bangsa.

Ia melanjutkan, faktor lain yang menjadi penyebabnya adalah anak-anak jarang masuk sekolah dengan alasan ketiadaan biaya. “Jangan sampai anak-anak putus sekolah,” harap dia.

Oleh karena itu, Pemerintah terus mendorong dan mendukung agar anak tidak putus sekolah lagi.

Anggota Komisi X DPR RI ini berharap,  sekolah dapat membantu anak melalui dana reguler dan mendatanya untuk dimasukan ke dalam data dapodik. Langkah ini sangat membantu orang tua dan siswa, soal pemanfaatannya dapat dibelikan perlengkapan belajar.

“Saya berharap para guru dan operator sekolah untuk teliti dalam mendata baik itu nama lengkap agar bisa masuk dalam dapodik, jangan sampai datanya salah, dan berakibat tidak bisa  proses dalam komputer,” harap Andreas.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjo mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada anggota DPR RI dari FPDIP (Andreas Hugo Parera) atas bantuan yang dikucurkan melalui program ini.

Bupati Flores Timur pun mengharapkan bantuan ini dapat berkesinambungan agar anak-anak kurang mampu dapat terbantu dan mengurangi beban orang tua.

“Kami Pemda Flotim menyampaikan terima kasih kepada Dr Andreas Hugo Pareira atas programnya membantu murid/siswa di Flores Timur di masa pandemi ini, dimana masyarakat memang sangat membutuhkan,” ucap Anton.

Sebelumnya, acara Penerimaan Sertifikat tersebut, seluruh rombongan berlakukan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan tetap jaga jarak.

Setelah acara selesai, beberapa kepala sekolah dan  orang tua murid merasa bangga dan senang dengan adanya bantuan tersebut sambil bersalaman dengan anggota Komisi X DPR RI tersebut.

Secara terpisah, Kepala SD Inpres Riangkemie, Sesilia Sega Ruron, menuturkan terima kasihnya atas bantuannya.

Ia mengharapkan ke depannya berkelanjutan sehingga anak-anak tidak putus sekolah lagi.

Anggota BPD Desa Lewoloba Dominikus Ibi Leton juga engapresiasi anggota DPR RI asal PDIP yang telah memperhatikan NTT khususnya Flores Timur.

Hadir pula dalam kegiatan ini adalah Ketua DPRD Flores Timur, Robertus Rebon Kreta, Ketua PKK Flotim, kepala SD/SMP/SMA, anggota DPRD Flotim Kundradus Kusno Wada dan Maria Nona Lamoren serta Herman Viki Betan. (*)

Penulis: Fan Lalewang
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here