Alasan Kekurangan Stok Ramadhan, Pengusaha Nunukan Datangkan Daging Dari Malaysia

Nunukan (BERANDATIMUR) – Satu hari sebelum bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah-2021 Masehi di Kabupaten Nunukan, Kaltara tepatnya Senin, 12 April 2021 sejumlah barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Salah satunya adalah kebutuhan daging ayam dan sapi. Pasokan dari Malaysia pun kini banjir masuk Kabupaten Nunukan dengan alasan stok produk lokal tidak mencukupi selama bulan puasa ini.

Kenaikan harga barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari di daerah inj dipicu meningkatnya permintaan persiapan menyambut bulan puasa.

Hanya saja, banjirnya daging ayam dan sapi dari Sabah, Malaysia tidak mampu mengstabilkan harga barang-barang tertentu saat memasuki bulan Ramadhan.

Seperti yang dilontarkan Lia, salah seorang pedagang ayam di Pasar Yamaker yang terletak di Kelurahan Nunukan Barat.

Daging Ayam Asal Malaysia
Daging ayam beku yang dijual di Pasar Yamaker, Nunukan pada H-1 Ramadhan, Senin (12/4)

Ia katakan menjual daging ayam dari Malaysia karena stok produk lokal di Nunukan berkurang sehingga dikhawatirkan tidak mencukupi dari prediksi meningkatnya permintaan menyambut bulan puasa ini.

Lia pun mengaku ada perbedaan harga antara daging ayam lokal dengan pasokan dari negara tetangga.

Ayam lokal dipatok dengan harga Rp38.000 per kilogram sedangkan ayam Malaysia seharga Rp40.000 per kilogram.

Kemudian ayam asal Malaysia sudah dibekukan sedangkan ayam lokal masih segar karena baru diambil dari kandang milik mitra pedagang setempat.

Mengenai daging sapi memang hampir semuanya didatangkan dari negara tetangga karwna Kabupaten Nunukan tidak memiliki pemotongan hewan. Untuk itu, sangat sulit menemukan daging segar untuk kebutuhan tertentu.

Harga daging sapi beku dari Malaysia sebesar Rp85.000 per kilogram. Atau mengalami kenaikan sebesar Rp15.000 dibandingkan harga sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Hal ini dikatakan Hj Patma, pedagang daging sapi di Pasar Yamaker. Akibat dari tidak adanya daging segar di Kabupaten Nunukan maka terpaksa mendatangkan dari Malaysia demi memenuhi kebutuhan umat Islam yang akan makan sahur pertama pada Rabu, 13 April 2021 dini hari. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here