Foto: Doc

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara akan diguyur hujan ringan hingga sedang disertai kilat.

Seperti yang diutarakan Taufik Rahman, PMG Pertama BMKG Nunukan, Kamis sesuai dengan analisa kondisi cuaca di wilayah kerjanya berdasarkan gambar citra satelit, peta streamline dan kelembaban udara.

Ia mengatakan, hujan yang berlangsung selama sepekan itu dengan intensitas ringan hingga sedang dan disertai kilat.

Hal itu di sebabkan karena Kabupaten Nunukan memasuki periode awal puncak kedua bulan basah menjelang Bulan September 2019 berdasarkan adanya pergerakan massa udara dari arah timur menuju selatan.

Ditambah adanya belokan angin di sekitar Kaltara yang menyebabkan banyak terbentuk awan konvektif yang dipengaruhi faktor lokal dan nilai indeks labilitas atmosfer di wilayah Kaltara dengan kategori sedang hingga kuat.

“Dari analisa berikut diperkirakan Kabupaten Nunukan pada 15-18 Agustus 2019 berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang dan disertai kilat,” sebut Taufik.

Memasuki awal puncak bulan basah dengan indikasi kenaikan intensitas curah hujan pada beberapa hari ke depan.

“Tetap waspada ketika masuk awal puncak bulan basah ada indikasi kenaikan curah hujan di beberapa hari mendatang. Semoga bisa jadi pertimbangan saat beraktifitas di luar,” tambah dia. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here