Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid (kanan) didampingi suami menyerahkan hewan kurban usai Sholat Idul Adha 1440 H di Masjid Al Muqaddis Jalan TVRI Nunukan Timur, Minggu (11/8). Foto: Taufik

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara diiringi seruan berkurban demi menjaga dan membentuk solidaritas membangun daerah.

Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid usai menunaikan Sholat Idul Adha 2019 di Masjid Al Muqaddis menyerukan kepada warganya agar senantiasa menumbuhkan sikap rela berkorban untuk kemaslahatan ummat dan kepentingan luas.

Dalam artian bahwa, Idul Adha dijadikan wadah  membentuk rasa persaudaraan dan solidaritas yang mengesampingkan kepentingan pribadi dan kelompok, demi kepentingan masyarakat Kabupaten Nunukan seutuhnya, terang Laura usai Sholat Id Adha, Minggu, 11 Agustus 2019.

Bupati Nunukan bersama keluarga yang melaksanakan Sholat Id Adha 1440 H di Masjid Al Muqaddis yang terletak dibilangan Jalan TVRI Nunukan Timur ini mengajak warga lebih mementingkan kebersamaan dan meningkatkan peran serta membangun Kabupaten Nunukan.

“ Harapan kita, semoga dengan Idul Adha ini, kita dapat membangun solidaritas dan kebersamaan, meningkatkan peran serta segenap lapisan masyarakat untuk membangun Kabupaten Nunukan sesuai yang kita cita-citakan bersama,” harap Laura.

Menurut dia, dengan niat yang ikhlas berkurban diharapkan dapat menumbuhkan sikap persatuan dan kesatuan serta semangat kebersamaan dalam mensejahterahkan masyarakat Nunukan.

“ Dengan semangat Idul Adha mari sukseskan pembangunan Kabupaten Nunukan yang adil untuk semua.” jelas Laura.

Perintah berqurban bagi umat Islam, kata dia, datang setelah turunnya perintah sholat. Kedua perintah ini melambangkan pentingnya seseorang selalu membina hubungan vertikal dengan Allah SWT dan horisontal antar sesama umat manusia.

“Disaat orang selalu menjaga ibadah sholat, dia juga harus memupuk semangat berkorban dan rasa kasih sayang dengan sesama muslim,” imbau putri mantan Bupati Nunukan dua periode H Abdul Hafid Achmad ini.

Ia melanjutkan, esensi dari penyembelihan hewan kurban adalah untuk mencapai kedekatan dan keridhoan Allah SWT. Hal ini, bukanlah dipersembahkan untuk Sang Pencipta  sebab Allah SWT tidak berhajat kepada makhluk-nya. Melainkan hanya mengharapkan ridho Allah SWT, dilandasi rasa taqwa yang tertanam di dalam jiwa.

“Berkurban tidaklah sebatas menyembelih hewan dan membagikan daging kurban kepada saudara-saudara Muslim yang membutuhkan.Namun harus lebih dari itu, yakni menanamkan rasa kebersamaan, saling tolong menolong dan kesetiakawanan sosial yang tercermin dalam perilaku sehari-hari seluruh umat muslim,” tegas Laura.

Momentum hari raya kurban yang datang sekali dalam setahun ini, kata dia, harus mewarnai semangat berkorban sepanjang tahun atau bahkan sepanjang hayat. Kalau semangat ini sudah terwujud mulai dari keluarga masing-masing, maka sebuah kekuatan besar akan terbentuk pada tataran negara dan bangsa.

“Melalui kesempatan yang penuh berkah ini, atas nama pemerintah daerah dan atas nama pribadi dan keluarga, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Iduladha 1440 H, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin , Semoga Allah SWT meridhoi langkah dan usaha kita dalam membangun bangsa dan negara khususnya Kabupaten Nunukan yang kita cintai.” tutup Laura.

Penulis: Taufik
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here