Puluhan ASN dijajaran Pemkab Nunukan dimutasi pada sejumlah posisi baru, Jumat (9/8). Foto: Taufik

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Bupati Nunukan Kalimantan Utara, Hj Asmin Laura Hafid kembali menabuh gendang mutasi demi penyegaran dijajarannya.

Hal ini dilakukan mengingat tupoksi dan peran Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah posisi stategis dalam penyelenggaraan pelayanan publik di daerahnya.

“Dibutuhkan pribadi-pribadi yang berdedikasi tinggi, mempunyai moralitas, loyalitas dan tentunya berpengetahuan dan berkecakapan yang luas,” tegas Laura sapaan Bupati Nunukan saat menyampaikan sambutan pada pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan ASN di Lantai V Kantor Bupati Kabupaten Nunukan, Jumat, 9 Agustus 2019.

Laura berharap kepada ASN yang dilantik agar senantiasa mengemban amanah yang baru dan lebih penting lagi dapat menjalankan tugas dan meningkatkan kinerja melalui kerja keras penuh tanggung jawab dibarengi keikhlasan.

Mutasi, kata dia, harus dipahami karena bukan suatu hukuman atau penghakiman, melainkan sebagai tugas kepala daerah yang memahami dan mengetahui kebutuhan organisasi dan penempatan jabatan yang tepat sesuai dengan posisi dan keahlian masing-masing setiap ASN.

“Dalam proses mutasi tentunya ada yang promosi, ini merupakan hasil seleksi sesuai dengan tingkat prestasi dalam pekerjaan masing-masing, jadikan ini sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik,” jelas Laura.

Terkait pelantikan yang dilakukannya,  sejumlah hal yang menjadi perhatian dan pertimbangannya yaitu sinergitas yang mengedepankan interaksi harmonis agar menghasilkan sesuatu yang optimal, baik melalui unsur perangkat daerah maupun dengan mitra kerja di luar daerah.

“Untuk menciptakan sinergitas syarat utama yang diperlukan adalah kepercayaan, komunikasi efektif, feedback yang cepat dan kreatifitas sehingga kita bisa bersaing dan mampu berkompetensi,” kata dia.

Selain itu, Laura juga meminta, kepada setiap ASN agar taat dan patuh terhadap peraturan dan perundang undangan yang berlaku, serta memiliki loyalitas dan tanggunggungjawab sebagai Abdi Negara.

Fokus dengan pekerjaaan dan jabatan yang diamanahkan, sebut Laura menjadi tanggungjawab yang tidak bisa ditawar-tawar terhadap segala sesuatu yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

“Loyalitas itu adalah tindakan menunjukkan dukungan dan kepatuhan teguh dan konsisten kepada sesorang atau institusi, untuk itu saya meminta kepada saudara agar mengkomunikasikan atau menyampaikan keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Pemkab Nunukan ke masyarakat umum,” beber Laura.

Bupati Nunukan kembali menegaskan kepada pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Nunukan agar lebih banyak turun ke lapangan dengan tujuan mengetahui dan memahami kondisi riil yang terjadi di tengah-tengah masyarakat daripada dinas luar yang outputnya tidak jelas.

“Terakhir saya berpesan kepada ASN, jangan ada rasa gundah dan gelisah, belajarlah seperti matahari yang memancarkan sinar menerangi bumi tanpa kenal lelah. Matahari juga selalu mencintai bumi namun ia memilih menjauh karena bila mendekat maka bumi akan musnah, saya yakin ASN Kabupaten Nunukan adalah matahari yang selalu siap memancarkan sinar dan semangatnya untuk kemajuan daerah kita.” tutup Putri mantan Bupati Nunukan, H Abdul Hafid Achmad ini. (*)

Penulis: Taufik
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here