Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara berhasil mengumpulkan dana hingga puluhan juta rupiah buat membantu Yakomina, salah seorang anak TKI di Malaysia yang menempuh pendidikan di Tiongkok.

Dana tersebut terkumpul berkat upaya Pemkab Nunukan dengan menerbitkan surat edaran untuk peduli terhadap Yakomina yang sedang sakit di negeri tirai bambu itu.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nunukan, Hasan Basri, Jumat, 14 Juni 2019 menyatakan, kepedulian Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid ditandai dengan diterbitkannya surat bernomor: 59/56.5/Setda-Humpro/VI/2019 tertanggal 11 Juni 2019.

Mengacu pada surat yang ditandatangani Bupati Nunukan ini hingga Jumat, 14 Juni 2019 telah berhasil mengumpulkan dana dari berbagai instansi pemerintah dan organisasi kemasyarakatan dengan besaran puluhan juta rupiah, ujar Hasan.

Ia menyatakan, Yakomina adalah mahasiswi jalur beasiswa dari Kabupaten Nunukan yang sedang belajar di Jiangsu Agri – Animal Vocational College menderita sakit TBC dan Pneumonia (Infeksi Paru – paru) dan sedang dirawat di Rumah Sakit Jiangsu.

Pengumpulan dana peduli Yakomina ini melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan melalui surat Bupati Nunukan tersebut ditujukan kepada seluruh organisasi perangkat daerah, BUMN, BUMD, pihak swasta, kepala sekolah dan masyarakat.

Sekadar informasi, Yakomina berasal dari keluarga kurang mampu dimana kedua orangtuanya bekerja di Negeri Sabah Malaysia ini sekarang dirawat di Rumah Sakit Jiansu dan hanya ditemani oleh teman-temannya sesama mahasiswa.

Akibat penyakit yang dideritanya, Yakomina berencana pulang ke Indonesia namun masih terkendala pembiayaan perawatannya yang harus dibayar terlebih dahulu dan biaya tiket, beber Hasan yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Perdagangan Nunukan.

Biaya yang dibutuhkan untuk perawatannya sebesar RMB 100.000 ( Seratus Ribu Renminbi) atau sekitar Rp.210.000.000,-.

Hasan Basri menyebutkan, sejak diedarkannya Surat Bupati Nunukan bukti Pemkab Nunukan Peduli Yakomina telah hingga Jumat, 14 Juni 2019 dihimpun melalui Bagian Kesra Setda Nunukan jumlah donasi telah mencapai puluhan juta rupiah.

Organisasi atau lembaga yang menyumbang adalah Baznas Nunukan Rp15 juta rupiah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rp500.000,
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Rp570.000, Gasmin grup Rp300.000 rupiah.

Kemudian, Dinas Perikanan Rp500.000,
DP3AP2KB Rp610.000, Puskemas Nunukan Rp1.000.000, Majelis Taklim Al Inabah Rp1.000.000, Kecamatan Nunukan Nunukan Rp605.000, Bagian Kesra Setda Nunukan Rp1.000.000.

Bupati Nunukan sendiri juga turut berpartisipasi dengan menanggung tiket kepulangan Yakomina dari Guansu ke Indonesia, jelas Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nunukan ini.

Ia menerangkan, pengumpulan dana infaq dan shadaqah untuk peduli Yakomina ini sendiri masih terus berjalan dan apabila ada masyarakat yang tergerak hatinya untuk menyumbang dapat menghubungi Bagian Kesra Setkab Nunukan atas nama Dra Hj Kasnawati dengan nomor telepon 081347706767.

Hasan Basri mengutarakan, saat menghubungi melalui sambungan WhatsApps, Yakomina mengaku masih dalam tahap pemulihan dan masih dirawat di rumah sakit negara itu. (*)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here