Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi

Parepare (BERANDATIMUR.COM) – Penyidik Satreskrim Polres Parepare Sulawesi Selatan sedang mengusut raibnya dana pada Dinas Kesehatan setempat sebesar Rp2,9 miliar.

Sejumlah pejabat di jajaran Pemkot Parepare telah dimintai keterangan dan beberapa diantaranya berpotensi dijadikan tersangka atas dugaan keterlibatannya terhadap penggelapan dana tersebut.

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi melalui Kasat Reskrim, Iptu Asian Sihombing di Parepare menyebutkan hingga Juni 2019 ini telah memeriksa puluhan oknum pejabat di daerah itu. Empat orang diantaranya baru diperiksa Kamis (13/6) dan Jumat (14/6) karena diduga terkait kasus ini.

“Ini ada empat orang yang kembali diperiksa atas kasus raibnya dana sekitar Rp 2,9 Miliar tersebut,” ujar Asian Sihombing.

Keempat oknum pejabat yang baru diperiksa adalah Ma, Sy, Nm dan Ns. Sedangkan pejabat berinisial Bs masih dalam tahap pemanggilan.

Terkait kasus dugaan penggelapan anggaran di Dinas Kesehatan Parepare ini, penyidik masih menunggu hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel sebelum menetapkan tersangkanya.

“Audit BPKP penting untuk mengetahui jumlah kerugian negara,” beber Asian Sihombing, mantan Kasat Reskrim Polres Bantaeng ini.

Asian juga membeberkan, pengungkapan kasus dugaan korupsi dana tersebut penyidik telah memintai keterangan sebanyak 40 orang.

“Mereka yang diperiksa mulai dari unsur pejabat, mantan pejabat dan pengelola pembangunan. Tim BPKP dalam waktu dekat juga akan turun ke lapangan untuk mengecek,” ujar dia.

Kasat Reskrim Polres Parepare ini menjelaskan, tim dari BPKP rencananya akan mengecek ke lapangan pada 14 Juni 2019 hingga 15 Juni 2019. Setelah itu akan dilakukan rekap dokumen, terus menyusun ketetapan kerugian negara selanjutnya dilakukan gelar perkara di Polda, Sulsel.

Diperoleh informasi, perkara raibnya dana Diskes Parepare TA 2018 ini sejumlah pejabat Pemkot Parepare telah menerima dana dari mantan Kadis Kesehatan Muh.Yamin.

Reporter: Agustin Effendy
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here