Dituding Terima Uang, Kasat Narkoba Polres Barru “Bereaksi”

0
73
Kapolres Barru AKBP H Burhaman (kiri). Foto: Agustin Effendy

– Salah Seorang Pelaku yang Diduga Dibebaskan Masuk DPO

Barru (BERANDATIMUR.COM) – Usai dipublikasikan adanya dugaan setoran uang dari tiga orang pria yang diduga jaringan penyalahgunaan narkoba Ac akhirnya Kasat Narkoba Polres Barru Sulawesi Selatan Ipu Deki Marizaldi bereaksi dengan membantah tudingan tersebut.

Kepada BERANDATIMUR.COM, dia menegaskan, tidak benar ada setoran uang sekaitan dengan kasus pengungkapan narkotika dengan penahanan pria berinisial Ac pada Rabu, 12 Juni 2019.

Sebab tiga nama yakni Ah, Emg dan Ad tidak pernah ditangkap lalu dibebaskan. “Kami tidak pernah menangkap ketiga nama itu (Ah, Emg dan Ad),” ujar Deki, Kamis, 13 Juni 2019.

Bahkan hasil penyidikan terhadap tersangka Ac yang sekarang ditahan di sel Mapolrea Barru baru diperoleh informasi bahwa sabu-sabu miliknya sebanyak empat bungkus kecil itu didapatkan dari Ah salah seorang yang diduga dibebaskan itu.

Sehubungan informasi tersebut, maka Satnarkoba Polres Barru menetapkan Ah sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Sedangkan Emg dan Ad yang juga sempat diberitakan dibebaskan ternyata tidak disebutkan dalam hasil pemeriksaan Ac sehingga Polres Barru tidak memasukkan sebagai DPO.

“Kita sudah membuatkan daftar pencarian orang (DPO) terhadap inisial Ah karna dari hasil pemeriksaan lelaki Ac, dia mendapatkan barang haram itu dari lelaki Ah salah seorang yang ikut terlibat dalam penyalahgunaan narkoba ini, sebagai DPO,” ujar Kasat Narkoba Polres Barru ini.

“Sementara untuk dua orang lainnya yg sempat diberitakan yaitu Emg dan Ad tidak ada dalam hasil pemeriksaan pelaku Ac dan terkait dugaan adanya pembayaran sejumlah uang yg sebagaimana sudah diberitakan beberapa waktu lalu, itu tidak benar, karna kita tidak pernah melakukan penangkapan terhadap tiga orang itu,” tandas dia.

Satnarkoba Polres Barru mengungkap peredaran narkoba pada Senin malam, 10 Juni 2019 di Lingkungan Liange, Kupa Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru.

Pada penangkapan ini aparat kepolisian setempat mengamankan pria berinisial Ac karena ditemukan menguasai sabu-sabu sebanyak empat bungkus kecil dengan berat sekira satu gram.

Sebelumnya Kapolres Barru, AKBP H Burhaman, Rabu, 12 Juni 2019 menegaskan akan mengusut tuntas indikasi adanya uang setoran uang dari tiga pria yang dikabarkan dibebaskan setelah ditangkap.

“Kita akan usut jika memang ada pembayaran sejumlah dana kepada oknum anggota saat proses pengungkapan penyalahgunaan narkoba di lapangan. Itu merupakan cara yang tidak benar, namun kita akan sikapi dengan baik, saya tidak segan mengevaluasi anggota yang terlibat dalam penangkapan ini,” kata Burhaman. (*)

Reporter: Agustin Effendy
Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here