Markus (kanan) menyalami Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid usai menyampaikan ranperda pengelolaan sampah di Gedung DPRD Nunukan, Kamis (13/6). Foto: Taufik

KNunukan (BERANDATIMUR.COM) – Permasalahan sampah memang selalu menjadi perhatian setiap daerah agar tidak menimbulkan gangguan bagi masyarakat. Oleh karena itu, DPRD Nunukan Kalimantan Utara menginsiasi pembentukan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang pengelolaan sampah.

Menurut juru bicara Badan Legislasi DPRD Nunukan, Markus pada Kamis, 14 Juni 2019, jika pengelolaan tidak teratur maka sampah bisa saja menjadi sumber penyakit yang tentunya dapat mencemari lingkungan.

Oleh karena itu, DPRD Nunukan telah merampungkan ranperda tersebut sebagai bentuk kepedulian anggota legislatif terhadap kebersihan dan tata kelola lingkungan di Kabupaten Nunukan.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pedoman Pengeloaan Sampah dan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Penyampaian raperda inisiatif ini melalui rapat paripurna ke-2 masa Sidang II Tahun 2019 tentang Penjelasan DPRD Nunukan atas Raperda Pengelolaan Sampah.

Markus menyebutkan, alasan pembentukan ranperda ini sebagai upaya melindungi, memelihara dan membina keselamatan bumi serta menjamin hak setiap orang untuk hidup sejahtera lahir bathin. Bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Sama halnya dengan kondisi di Kabupaten Nunukan dimana masyarakat menginginkan hidup layak yang terbebas dari sampah.

“Pengelolaannya perlu dilakukan secara konferehensif dan terpadu dari hulu hingga hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah prilaku masyarakat,” sebut Markus.

Badan legislasi DPRD Nunukan menilai,
pengolaan sampah butuh kepastian hukum, kejelasan tanggungjawab dan kewenangan pemerintah daerah.

Peran masyarakat dan dunia usaha juga penting ditunjukkan sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan secara proporsional dan efektif. (*)

Reporter: Taufik
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here