Ketua Ormas LMP Kota Parepare, H Syamsul Latanro (kiri)

Parepare (BERANDATIMUR.COM) – Perparkiran di Kota Parepare Sulawesi Selatan disarankan sudah saatnya diswastanisasi atau dipihakketigakan agar pengelolaannya lebih profesional mengingat jumlah titik-titik semakin meningkat.

Hal ini diutarakan Ketua Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Kota Parepare, H Syamsul Latanro di bilangan cafe Jalan Bau Massepe Parepare, Senin, 10 Juni 2019.

Ia menilai, jasa perparkiran di daerahnya telah memenuhi standarisasi untuk dikelola pihak ketiga agar dapat memberikan kontribusi lebih besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

“Melihat ramainya titik parkir di Parepare, saya menilai titik parkir sudah layak dikelola secara profesional, itu untuk meningkatkan potensi pendapatan daerah dari sektor ini,” ujar H Syamsul Latanro kepada media ini.

Selain itu kata dia, dengan melibatkan pihak swasta potensi kebocoran PAD dari sektor ini bisa dihindari. “Pihak swasta juga bisa memberikan peningkatan PAD dari sektor parkir, dengan pemenuhan target PAD yang sebelumnya dikelola Dinas terkait,” urai Ketua LMP Parepare ini..

Syamsul yang juga bergerak pada sektor usaha pelayaran ini meminta, pihak ketiga yang dilibatkan nantinya benar-benar usahanya berbadan hukum sesuai mekanisme dengan menggunakan sistim lelang.

Data Dinas Perhubungan Kota Parepare titik.perparkiran mencapai 80 lokasi termasuk pada lahan milik instansi vertikal seperti pelabuhan, rumah sakit, perbankan dan fasilitas umum lainnya.

Ormas LMP ini mencermati titik lokasi parkir di Kota Parepare perlu pendataan ulang, mengingat adanya sejumlah titik parkir yang muncul mendadak dan memungut retribusi seperti Area Under pass Jembatan Tonrangeng River Side (TRS) di Kecamatan Bacukiki Barat dan beberapa titik kawasan lainnya.

Syamsul optimis pengelolaan melalui pihak swasta mampu menyetorkan PAD Rp800 juta setiap tahun. Tentunya kerja sama ini dibuat konsisten melalui MoU dengan sistim bayar tunai. (*)

Reporter: Agustin Effendy
Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here