Tumpukan karung berisi rumput laut di gudang SRG Kabupaten Nunukan. Dalam waktu dekat ini gudang ini akan mendapatkan HACCP dari BKIPM KKP RI.

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Gudang SRG tempat penyimpanan rumput laut milik PT Sebatik Jaya Mandiri (SJM) di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara bakal mendapatkan sertifikat HACCP.

HACCP adalah Hazard Analysis Critical Control Point dari Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPM-KKP RI).

Kepastian ini diketahui pasca tim inspeksi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Utara yang akan segera mengeluarkan rekomendasi untuk penerbitan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) kepada PT SJM.

Melalui Kepala Seksi Fasilitasi Ekspor-Impor Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan, Saparuddin usai mendampingi tim inspeksi dari provinsi beberapa waktu lalu.

Ia mengutarakan, kewenangan penerbitan SKP sendiri ada pada Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Sedangkan DKP Kaltara hanya berwenang menerbitkan surat rekomendasi semata.

SKP merupakan salah satu syarat untuk terbitnya sertifikat HACCP perikanan yang dikeluarkan oleh Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPM-KKP RI).

Sertifikat HACCP adalah suatu sistem jaminan mutu yang mendasarkan kepada kesadaran atau penghayatan bahwa hazard (bahaya) dapat timbul pada berbagai titik atau tahap produksi tertentu.

Tetapi dapat dilakukan pengendalian untuk mengontrol bahaya-bahaya tersebut melalui sertifikat kesehatan mutu sebagai bukti bahwa produk perikanan yang akan diekspor terjaga kualitasnya, mulai dari proses penangkapan hingga pengolahan. (***)

Editor: M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here