Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid saat menghadiri buka puasa bersama dengan BPK RI Perwakilan Kaltara di Tarakan, Minggu (19/5)

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menghadiri buka puasa bersama dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Provinsi Kalimantan Utara yang dipusatkan di Malabar Cafe di Kota Tarakan pada Minggu, 19 Mei 2019.

Pada buka puasa kali ini BPK RI mengundang Gubernur Kalimantan Utara, Walikota Tarakan, Bupati Malinau, Bupati Bulungan dan Bupati Tana Tidung serta Bupati Nunukan.

Buka puasa yang dihadiri Anggota VI BPK RI Prof Dr H Harry Azhar Azis MA menyampaikan bahwa dalam kesempatan buka puasa bersama di bulan Ramadhan ini, menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh kepala daerah di Proovinsi Kalimantan Utara.

Menyinggung penilaian kinerja keuangan pemerintah daerah tidak hanya dilihat dari laporannya saja, melainkan juga pada manfaat dari penggunaan anggaran yang dimilikinya. Seperti peningkatan kesejahteraan  masyarakat.

Predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang dilekatkan pada laporan keuangan hanya menjadi standar minimum dalam sebuah audit lembaga pemerintah atau pemerintah daerah.

“Tidak dari opini WTP saja, tapi bagaimana penggunaan anggaran itu manfaatnya dirasakan masyarakat, ada peningkatan kesejahteraan di masyarakat,” kata Harry Azhar Azis.

Selebihnya, BPK akan mengukur manfaat anggaran dan keuangan yang dikelola lembaga pemerintah itu dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Ia menyebutkan empat indikator untuk menyimpulkan kesejahteraan rakyat sebagai tolak ukur keberhasilan pengelolaan anggaran, yaitu Angka Pengangguran, Angka Kemiskinan, Gini Ratio, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Esok harinya, Senin, 20 Mei 2019 dilanjutkan dengan penyerahan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019 di Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Utara. (***)

Editor : M Rusman
Sumber : Humas Pemkab Nunukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here