Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mendukung pembangunan kualitas desa melalui Program Inovasi Desa (PID) sesuai komitmen Nawacita pada pemerintahan Presiden Jokowi.

Hal ini diutarakan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Serfianus usai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Satker Provinsi Kaltara dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) tentang pemberian bantuan Pemerintah Program Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD).

Penandatanganan perjanjian ini berlangsung di ruang pertemuan Lantai IV Kantor Bupati Nunukan, Selasa, 14 Maret 2019.

Perjanjian ini bertujuan mengatur pelaksanaan penyaluran dana bantuan pemerintah melalui PID yang menggunakan dana berasal dari DIPA Satuan Kerja P3MD pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Utara Tahun Anggaran 2019.

Terlebih lagi agar pelaksanaan penyaluran dana bantuan pemerintah melalui PID tahun anggaran 2019 dijalankan lebih efektif, efisien dan akuntabel.

Serfianus bacakan sambutan Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid menyatakan penandatanganan perjanjian kerja sama PID 2019 yang kedua kalinya di laksanakan di Kabupaten Nunukan.

Program ini merupakan upaya pemerintah pusat untuk mewujudkan agenda nawacita terkait peningkatan kapasitas desa sesuai dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan secara berkualitas.

Tenyunya? agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Terlihat dari upaya pemerintah pusat tersebut dengan menggelontorkan anggaran sehingga kapasitas keiangan desa meningkat khususnya dari transfer dana desa (DD).

“Desa diharapkan meningkatkan kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa”, tutur Serfianus atas nama Bupati Nunukan.

Pemerintahpun telah menyediakan tenaga pendamping profesional, yaitu pendamping lokal desa (PLD), pendamping desa (PD), sampai tenaga ahli (TA) di tingkat kabupaten, provinsi dan pusat,” kata dia lagi.

Serfianus mengharapkan dalam rapat tersebut dapat memberikan motivasi dan inovasi-inovasi baru bagi desa untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Ia juga berpesan, agar tidak hanya mempertontonkan berbagai inovasi yang sudah ada akan tetapi dapat membuka wacana bagi desa agar lebih berkreasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan melalui anggaran dana desa. (***)

Editor: M Rusman
Sumber: Humas Pemkab Nunukan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here