Ramidi, nara sumber workshop investigas bersama Tempo, Senin (13/5)

Tarakan (BERANDATIMUR.COM) – Workshop dan Coaching Clinic Kolaborasi Investigasi yang digelar Tempo bekerja sama dengan sejumlah Non Goverment Organitation (NGO) berlangsung selama dua hari yakni 13-14 Mei 2019.

NGO yang dilibatkan dalam Investigasi Bersama Tempo (IBT) seperti Instulitute Corruption Indonesian (ICW), Migran Care, Yayasan Indonesia Cerah, Greenpeace dan sebagainya.

Nara sumber dari Tempo Institute, Ramidi di Tarakan (13/5) menyampaikan beberapa tips dalam melakukan investigasi bagi seorang jurnalis lokal khususnya di wilayah Kalimantan Utara.

Ia menekankan, jurnalisme investigasi adalah mahkota karir bagi seorang wartawan yang disertai keberanian, ketekunan, waktu yang panjang, punya rujukan awal berupa informasi dan data serta kolaborasi.

Ramidi yang juga reporter di Majalah Tempo menambahkan, jurnalisme investigasi juga diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan publik kepada media bersangkutan.

“Memang lebih amannya seorang wartawan yang hendak melakukan investigasi harus berkolaborasi supaya masalah keamanan ditanggung bersama-sama,” ujar Manager Program IBT pada hari pertama workshop dan coaching clinic di Galaxy Food Republik di Tarakan.

Perlu diingat, kata dia, sebuah jurnalisme investigasi dianggap aman apabila punya data atau bukti keras, bertatap muka dengan sejumlah nara sumber, informasi harus di verifikasi (tidak bisa hanya satu sumber) atau cek and cross chek berkali-kali.

Selain itu, melakukan konfirmasi tidak terburu-buru tapi diperlukan kesabaran dan ketabahan dengan tetap memberikan ruang bagi tertuduh untuk membela diri.

Workshop investigas kolaborasi Tempo atau disebut IBT diikuti puluhan media se Kaltara.

Setelah workshop ini, setiap peserta diberikan kesempatan mengajukan proposal kepada Tempo untuk liputan investigasi.

Sebelum turun lapangan melakukan investigasi, peserta yang dinyatakan proposalnya lolos akan mengikuti pelatihan selama empat bulan di redaksi Majalah Tempo di Jakarta. (***)

Penulis : M Rusman

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here