TKI Ilegal ke Sabah Sulit Diberantas. Ini Alasan BP3TKI Nunukan

0
44

Nunukan (BERANDATIMUR.COM) – Penyelundupan manusia ke Negeri Sabah Malaysia masih terus berlangsung hingga saat ini. Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mengakuinya bahwa penanganannya membutuhkan komitmen bersama instansi terkait.

Plh Kepala BP3TKI Nunukan, Arbain yang ditemui di penampungan TKI deportasi di Jalan Ujang Dewa Kelurahan Nunukan Selatan, Sabtu (11/5) menyatakan, pihaknya senantiass berusaha melakukan langkah-langkah kongkrit terkait pemberantasan perdagangan orang atau memberangkatkan WNI ke luar negeri tanpa dokumen.

Namun apa daya karena BP3TKI tidak memiliki kewenangan untuk mengeksekusi atau menangkapnya. Selain itu, kata dia, tidak memiliki anggaran untuk melakukan razia pada jalur-jalur penyeberangan menuju Negeri Sabah.

Arbain juga mengutarakan, upaya pemberantasan TKI ilegal melibatkan sejumlah instansi dalam hal melakukan tindakan pemberantasan.

Tetapi keterlibatan instansi lain boleh dikatakan belum maksimal atau sinergitas tidak berjalan. Oleh karena itu, perlunya komitmen bersama semua stakeholder agar penyelundupan manusia dapat diatasi.

Arbain yang juga menjabat Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Nunukan ini menilai, pemberantasan TKI ilegal di Negeri Sabah menjadi dilema tersendiri karena mudahnya menyeberangkan WNI tanpa dokumen keimigrasian di wilayah kerjanya.

Padahal, jalur penyeberangan baik darat maupun laut yang sering dilintasi sangat terbuka. Hanya saja, belum ada upaya instansi berwewenang melakukan tindakan tegas untuk membantu pemberantasannya.

“Tidak mungkin BP3TKI (Nunukan) yang mau turun ke laut untuk operasi. Makanya perlu sinergitas dan komitmen bersama semua stakeholder,” beber dia.

Berbagai upaya telah dilakukan BP3TKI baik melalui pertemuan-pertemuan dengan seluruh instansi terkait demi pemberantasan TKI ilegal tersebut.

Hanya saja, upaya tersebut tidak berjalan efektif karena belum adanya langkah kongkrit secara bersama-sama dari semua pihak terkait.

Akibat masih maraknya penyelundupan manusia untuk dipekerjakan di Negeri Sabah maka penangkapan, pemenjaraan dan pemulangan TKI ilegal masih berlangsung terus ke daerah itu. (***)

Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here