Yudo, salah seorang peserta Lomba foto instagram yang digelar IIMC Makassar.

Makassar (BERANDATIMUR.COM) – Salah seorang peserta lomba foto Instagram di Indonesia Internasional Motor Show (IIMC) Makassar mensinyalir ada kecurangan oleh penyelenggara dalam menentukan pemenang.

Event IIMC Makassar yang digelar di Celebes Convention Center (CCC) Kota Makasdar Sulawesi Selatan ini berlangsung 1-5 Mei 2019 diadakan bersama Benelli.id.

Peserta bernama Yudo di Makassar, Rabu (8/5) menilai pihak Benelli.id sangat tidak objektif dalam memilih pemenang karena memilih foto yang sudah di bot jumlah likenya di Instagram.

“Kan pemenang dipilih melalui jumlah like di Instagram, Namun peserta yang satu ini menggunakan like bot yaitu like otomatis, Tidak real..! Alias kecurangan dilakukan,”  jelas Yudo .

Bot like bisa dibuktikan dengan mengecek likenya kebanyakan datang dari akun instagram luar negeri yang tidak jelas. Padahal kontest ini kan cuma di Kota Makassar.

“Dengan itu, saya melakukan protes ke admin penyelenggara namun tidak diindahkan. Sayangnya admin hanya membiarkan dan memenangkan kontestan bersangkutan melalui pengumuman pemenangnya hari ini. Ada apa sebenarnya,” beber Yudo.

Ia juga menjelaskan ada kontest lainnya juga prostes tentang kecurangan bot like yang dilakukan peserta, namun penyelenggara terkesan acuh.

Yudo menegaskan, jika penyelenggara tidak ingin objektif dalam melaksanakan lomba, lebih baik jangan digelar. Sebab hanya menimbulkan kekecewaan dari peserta yang berpartisipasi.

“Jangan sampai pemenang lomba cuma settingan belaka. Jika kami tau diperbolehkan menggunakan bot like yakni like auto yang tidak real, seperti yang dilakukan kontest yang juara 1. Saya juga bisa kok,” kata dia lagi.

Cuma, kata peserta ini, berusaha suportif dengan membagikan foto kepada teman-teman agar dilike di Instagram. Ia juga berharap pihak panitia IIMC menindak tegas atas segala lomba-lomba membodohi peserta yang digelar tenant pada masa yang akan datang.

Setelah di konfirmasi dengan adanya indikasi kecurangan, pihak benelli.id mengaturkan permohonan maaf di atas ketidaknyamanan peserta.

“Apa pun metode peserta mendapatkan like itu diluar kewenangan kami. Intinya kami hanya melihat jumlah like yang terbanyak sesuai persyaratan lomba ” jelas admin instagram Benelli.id. (*)

Reporter : Atim
Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here