Polisi Bekuk Oknum Satpol PP Nunukan Bandar Sabu-sabu Sindikat Filipina. Transaksi Depan Pos Satpol PP Sei Pancang

0
437

Sebatik (BERANDATIMUR.COM) – Aparat Kepolisian Resor Nunukan Kalimantan Utara membekuk oknum anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nunukan yang telah menjadi target operasi (TO).

Oknum anggota Satpol PP Kabupaten Nunukan tersebut berinisial MR alias Pid (51) yang dikenal bandar narkotika jenis sabu-sabu jaringan Filipina.

Pengungakapan kasus sabu-sabu jaringan internasional ini oleh Polsek Sebatik Timur pada Rabu (3/4) sekira pukul 21.50 wita.

Kapolres Nunukan, AKBP Teguh Triwantoro di Nunukan, Kamis membenarkan, penangkapan oknum anggota Satpol PP Nunukan tersebut dengan empat orang lainnya.

Tiga pelaku kasus sabu-sabu yang diamankan di Pulau Sebatik jaringan oknum anggota Satpol PP Nunukan sindikat Filipina

Oknum anggota Satpol PP Nunukan tersebut kini ditahan di sel tahanan Mapolres Nunukan untuk penyidikan lebih lanjut.

Secara terpisah, Kasat Resnarkoba Polres Nunukan, AKP M Hasan Setyobudi di ruang kerjanya pada hari yang sama menjelaskan, pengungkapan kasus sabu-sabu ini berawal dari kecurigaab dua pria asal Tanjung Selor Kabupaten Bulungan di Pulau Sebatik.

Setelah dilakukan pengintaian, didapati dua pria yakni Ba (46) asal Tanjung Selor dan Th (45) asal Tanjung Karang Kecamatan Sebatik di Sei Manurung dengan barang bukti tiga bungkus sabu-sabu ukuran besar.

Pada saat dicegat di depan Pospol Sei Manurung Kecamatan Sebatik, Th berusaha membuang ke selokan barang bukti sabu-sabu yang disimpan dalam kotak.

Setelah diinterogasi, Th mengaku sabu-sabu yang dibawanya milik pria yang telah menunggu di rumahnya bernama El An (27) kelahiran Kupang NTT beralamat Sangkulirang Desa Pengadan Baru Kecamatan Kobun Kaltim.

Berdasarkan informasi dari Th inilah aparat kepolisian melakukan penggeledahan di rumahnya dan diamankan pria berinisial El An tersebut.

Barang bukti sabu-sabu yang diamankan polisi dari tangkapan jaringan Filipina

Selanjutnya keterangan dari ketiga pria yakni Th, El dan Ba diketahui sabu-sabu diperoleh dari oknum anggota Satpol PP Nunukan berinisial MR alias Pide (51) beralamat di Jalan Ujang Dewa RT 06 Kelurahan Nunukan Selatan.

Dimana transaksinya dilakukan di depan Pos Satpol PP Jalan Usman Harun RT 01 Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara, kata Hasan sapaan Kasat Resnarkoba Polres Nunukan ini.

Penangkapan oknum Satpol PP Nunukan dilakukan sekira pukul 22.17 wita. Pada saat itu, aparat kepolisian langsung melakukan interogasi terhadap pria MR alias Pide mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari seseorang berkewarganegaraan Filipina.

Warga negara Filipina ini pun menyerahkan sabu-sabu yang dibawanya kepada pria berinisial Alle (40) yang beralamat di Sei Pancang Kecamatan Sebatik Utara.

Hasan menjelaskan, oknum anggota Satpol PP Nunukan telah lama menjadi target operasi (TO) Polres Nunukan.

Hanya saja, aparat kepolisian setempat belum menemukan barang bukti sehingga tidak bisa dilakukan penangkapan.

“Pria berinisial MR alias Pide ini memang sudah TO kita tapi selama ini tidak bisa diamankan karena tidak ditemukan barang bukti,” beber Hasan.

Ia menambahkan, posisi pria MR alias Pide ini bertindak sebagai penghubung jaringan warga Filipina ini untuk mencarikan pembeli dengan imbalan puluhan juta rupiah.

Sementara warga Filipina ini telah ditetapkan menjadi DPO Polres Nunukan dengan identitas yang telah diketahuinya. (***)

Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here