IKAPPI Galakkan Perbaikan Pelayanan di Pasar Tradisional Dengan 3S

0
137

Takalar (BERANDATIMUR.COM) – Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menggalakkan peningkatan pelayanan di pasar tradisional dengan cara senyum, salam dan sapa (3S).

Hal ini terungkap pada pelatihan kewirausahaan bagi pedagang pasar di yang berlangsung di Gedung Dharna Wanita Kabupaten Takalar pada Sabtu (16/3).

Pelatihan ini digelar khusus bagi pemula dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan itu, Ketua IKAPPI Sulsel, Muhammad Bachtiar mengatakan,  pelatihan ini diberikan khusus bagi pedagang pasar binaan dan pengurus IKAPPI Cabang Kabupaten Takalar.

Daeng Atho sapaan akrab Muhammad Bachtiar menambahkan, pada pelatihan ini IKAPPI akan memberikan pemahaman kepada para pedagang soal cara menarik masyarakat berbelanja di pasar tradisonal.

Ratusan peserta pelatihan wirausaha yang digelar IKAPPI Takalar, Sabtu (16/3).
Foto: Atim

Hal ini berkaitan dengan Pencanangan Gerakan Nasional “Ayo Kembali Belanja ke Pasar Tradisional”  perlu adanya  peningkatan pelayanan, penataan lingkungan pasar dan memanfaatan produk lokal.

Ia yakin ketika pelayanan baik dengan menggunakan senyum, salam, dan sapa akan mengundang masyarakat untuk berbelanja.

Kemudian, Ketua DPD IKAPPI Kabupaten Takalar, Hasrul Q Maddatuang sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat khususnya pedagang pasar untuk berpartisipasi.

“Sebanyak 200 orang pedagang pasar termasuk pengurus IKAPPI yang yang hadir dalam pelatihan kewirausahaan ini. Semoga materi yang disampaikan bisa diimplementasikan para pedagang nantinya,” ucap Hasrul.

Ia menyampaikan, pada pelatihan kewirausahaan ini hadir narasumber Wasekjen DPP IKAPPI Reynaldy dan Ketua DPW IKAPPI SulSel Muhammad Bachtiar.

Selanjutnya, hadir pula Kabid UMK Dinas Koperasi Kabupaten Takalar Kamaruddin.

Hasrul menjelaskan, IKAPPI terus bersinergi dengan pemerintah setempat dalam meningkatkan potensi pasar tradisional mengembangkan ekonomi kerakyatan.

“Jadi saya berharap pelatihan-pelatihan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin agar lebih mendongkrak lagi kemampuan SDM pasar tradisional,” tutup dia. (*)

Reporter : Atim
Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here