Danrem 091 ASN, Brigjen TNI Widi Prasetijono saat mengunjungi Makodim 0911 Nunukan, Jumat (15/3).
NunukanĀ (BERANDATIMUR.COM) – Prajurit Kodim 0911 Nunukan Kalimantan Utara menuai pujian atas keberaniannya mengusir anggota Polis Merin Malaysia yang memasuki wilayan kedaulatan NKRI di Sei Ular Desa Sekaduyan Taka Kecamatan Seimenggaris pada Senin (11/3).
Prajurit Kodim 0911 Nunukan tersebut seorang babinsa yang memberanikan diri mengusir Polis Merin Malaysia tersebut hingga lari terbirit-birit menggunakan speedboat mesin 40 PK.
Informasi yang dihimpun, anggota Polis Merin Malaysia sebanyak empat orang menggunakan senjata laras panjang memasuki wilayah NKRI di Sei Ular hingga 100 meter jauhnya.
Alasannya, memburu speedboat yang melanggar wilayah kedaulatan Malaysia namun memburu hingga memasuki wilayah NKRI.
Salah seorang penumpang speedboat asal Kabupaten Nunukan yang melanggar wilayah perairan Malaysia menuturkan, motoris tidak tahu jika memasuki wilayah Malaysia.
Maklum motoris tersebut belum pengalaman sehingga mengetahui jalur sebenarnya yang harus dilintasi menuju Sei Ular.
Bahkan penumpang yang minta namanya dirahasiakan ini mengatakan, speedboat yang ditumpanginya sempat ditembaki oleh Polis Merin Malaysia.
Sehubungan kasus pelanggaran wilayan kedaulatan NKRI ini, babinsa Desa Sekaduyan Taka bergegas mengenakan pakaian dinas setelah mendapatkan laporan dari warga.
Hanya saja, ketika hendak mendatangi Polis Merin Malaysia itu tiba-tiba melarikan diri dengan menggunakan speedboatnya menuju perairan Malaysia.
Sekaitan dengan keberanian babinsa Desa Sekafuyan Taka tersebut, Komandan Komando Resor Militer 091 Aji Surya Natakusuma, Brigjen TNI Widi Prasetijono berjanji akan memberikan “reward” sebagai bentuk penghargaan.
“Secara otomatis ada kita berikan dalam bentuk reward kepada prajurit yang berprestasi sebagai sebuah penghargaan,” ujar dia saat berkunjung di Makodim 0911 Nunukan, Jumat.
Penghargaan tersebut dapat berupa tali asih, sekolah dan sebagainya. Banyak cara yang bisa diberikan kepada prajurit yang memiliki sumbangsih kepada masyarakat, sebut Widi Prasetijono.
Hanya saja, prestasi yang ditunjukkan babinsa Desa Sekaduyan Taka Kecamatan Seimengaris tersebut belum diketahuinya karena belum ada da laporan dari Kodim 0911 Nunukan.
“Belum ada laporan yang sampai sama saya. Tapi pasti kita akan berikan reward bagi prajurit yang berprestasi untuk kepentingan masyarakat,” tambah dia. (***)

 

Editor : M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here