Nunukan (berandatimur.com) – Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Nunukan, Kaltara tercatat terjangkit virus HIV pada 2018.

Penemuan oknum PNS penderita HIV berdasarkan hasil pemeriksaan PMI Nunukan yang disampaikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, sebut Sabaruddin, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Senin.

Dari 21 warga Kabupaten Nunukan yang terdeteksi terjangkit virus HIV tersebut terdapat tiga PNS dengan jenis kelamin pria dan perempuan.

Hanya saja Sabaruddin mengaku, tidak mengetahui OPD (organisasi perangkat daerah) tempatnya mengabdi di lingkup Pemkab Nunukan.

Namun dia utarakan, salah seorang dari ketiga PNS ini adalah pegawai kesehatan. Pegawai ini kemumgkinan pernah menangani penderita HIV/AIDS tanpa menggunakan pelindung.

Sabaruddin, penyakit HIV/AIDS tergolongan penyakit menular sehingga pada saat menanganinya perlu hati-hati.

Ia menambahkan, 21 orang penderita HIV di Kabupaten Nunukan pada 2018 ini didominasi penyebabnya akibat hubungan seksual.

Oleh karena itu, PNS berjenis kelamim perempuan yang terdeteksi tersebut berawal dari pasangannya (suami) yang telah menderita penyakit itu terlebih dahulu.

Sabaruddin menerangkan, ketiga PNS yang terdeteksi terjangkit HIV berdasarkan hasil pemeriksaan darahnya telah ditangani secara berkesinambungan dengan memberikan obat khusus.

Obat ini diberikan agar tidak sampai menjurus pada penyakit AIDS yang sewaktu-waktu mengintai penderita HIV.

“Ada tiga PNS terdeteksi terjangkit virus HIV salah satunya pegawai kesehatan,” ungkap Sabaruddin. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here